Tangerang  (ANTARA News) - KPU Kota Tangerang, Banten, berencana menyediakan tempat pemungutan suara (TPS) di fasilitas-fasilitas umum termasuk di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Pemilu 9 April mendatang.

TPS di bandara Soekarno-Hatta itu dimaksudkan untuk memudahkan warga Banten menyalurkan hak suaranya dalam Pemilu, meski ia karena sesuatu hal harus pergi atau baru tiba melalui bandara itu, kata Ketua KPU Kota Tangerang, Imron Khamami, Selasa.

Rencananya KPU Kota Tangerang akan menyiapkan 10 TPS yang disebar di terminal I penumpang domestik, terminal II penumpang mancanegara dan terminal khusus Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Menurut Khamami, kemungkinan penempatan TPS akan lebih banyak di terminal domestik karena jumlah penumpang di terminal itu lebih banyak di banding di terminal penerbangan luar negeri.

KPU Kota Tangerang belum bisa memastikan lokasi-lokasi TPS di bandara itu karena masih menunggu kebijakan KPU pusat.

Selain di bandara, KPU Kota Tangerang juga akan menempatkan TPS di sekitar terminal angkutan umum dan stasiun kereta api.

Kemudian di sekitar lembaga pemasyarakatan (Lapas) di Tangerang, yakni di Lapas Dewasa Pria, Lapas Dewasa Wanita, Lapas Pemuda dan Lapas Anak.

Kebutuhan TPS di Lapas-Lapas itu diperkirakan mencapai 18 TPS, meski masih akan dihitung berdasarkan jumlah pemilih di Lapas.

Khamami menjelaskan, pemilih yang dapat mencoblos di TPS khusus tersebut, harus menunjukkan surat keterangan pindah pilih atau Formulir A5.

Sementara untuk fasilitas umum rumah sakit, KPU Kota Tangerang kemungkinan tidak akan menyediakan TPS karena ada kebijakan bahwa petugas TPS yang akan mendatangi para pasien.
(*)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009