Lima produk cokelat untuk perawatan kulit

Lima produk cokelat untuk perawatan kulit

Ilustrasi masker cokelat (ANTARA/Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Cokelat tidak hanya memiliki rasa yang enak tetapi juga memiliki banyak manfaat untuk kulit yang menjadikannya halus dan bercahaya.

Beberapa produk kecantikan yang menggunakan cokelat sebagai bahan dasarnya adalah body wax, masker, sabun hingga body lotion.

Berikut ini adalah lima produk kecantikan berbahan dasar cokelat dan manfaatnya yang wajib diketahui, menurut Boldsky.

1. Body wax
Sebagian dari wanita sudah mengetahui tentang berbagai jenis wax dan beberapa mungkin sudah mencoba cokelat wax. Cokelat wax terbuat dari bahan alami seperti cokelat, minyak kedelai, minyak almond, vitamin E, minyak zaitun dan elemen penutrisi kulit lainnya.

Manfaat dari cokelat wax di antaranya meningkatkan kesehatan dan kilau kulit, mencerahkan, tidak menyebabkan kemerahan dan ruam, melembabkan dan cocok untuk semua jenis kulit.

Baca juga: Sering salah, begini cara hitung masa kedaluwarsa produk kecantikan

Baca juga: Jangan dibuang, begini cara memanfaatkan kembali kosmetik kedaluwarsa


2. Masker wajah
Masker wajah cokelat membuat kulit lembab dan bercahaya. Ada berbagai macam masker cokelat siap pakai yang tersedia di pasaran, namun Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah.

Anda bisa melelehkan cokelat hitam lalu campur dengan madu atau yogurt. Aplikasikan pada wajah dan diamkan selama 15 menit.

Manfaat dari masker cokelat adalah menghidrasi kulit dan memberikan efek segar, melindungi kulit dari sinar UV, polusi, cuaca buruk, menghilangkan kulit kering, kasar, flek hitam, tanda penuaan, mencerahkan warna kulit, mencegah keriput, mengangkat sel kulit mati dan mengobati jerawat.

3. Lulur cokelat
Lulur tubuh berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati, menghaluskan, dan melembutkan kulit kasar dan kering. Selain itu, lulur juga bermanfaat untuk menghilangkan kotoran dan meningkatkan sirkulasi darah.

Anda bisa membuat lulur yang bagus hanya dengan menambahkan susu dan yogurt ke dalam bubuk cokelat. Setelah lulur selesai dibuat, aplikasikan pada wajah dan leher yang basah. Gosok selama 10 menit lalu biarkan selama 5 menit lalu bilas dengan air dingin.

Lulur cokelat bermanfaat untuk membersihkan kulit, mengelupas dan mencerahkan, melindungi kulit dari sengatan matahari, meningkatkan kadar air dan mengganti sel kulit mati.

4. Scrub bibir
Scrub bibir atau pengilap bibir dari cokelat memiliki manfaat untuk menghaluskan, melindungi bibir dari kerusakan akibat sinar matahari, kotoran dan polusi, melembabkan, mengangkat sel kulit mati, menyembuhkan bibir kering dan pecah-pecah.

5. Sabun cokelat
Dibuat dengan cokelat hitam dan minyak Vitamin E, sabun cokelat adalah perawatan manis untuk kulit. Selain lembut pada kulit, sabun ini juga membantu meredakan iritasi.

Sabun cokelat cocok untuk semua jenis kulit bahkan yang sensitif. Sabun ini bermanfaat untuk mencegah dehidrasi kulit, meredakan iritasi akibat sengatan matahari, menutrisi dan melembabkan kulit.

Baca juga: Tips pilih produk perawatan wajah yang sesuai tipe kulit

Baca juga: Produk kecantikan lokal jadi favorit pengguna TikTok pada 2020

Baca juga: Pasar daring produk kecantikan jadi peluang bantu angkat merek lokal

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Mengolah kopi Gayo jadi produk kecantikan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar