Arab Saudi akan investasikan Rp281 T di industri militer

Arab Saudi akan investasikan Rp281 T di industri militer

Personel keamanan Arab Saudi mengikuti parade militer dalam rangka persiapan pelaksanaan puncak ibadah haji di Mekkah, Arab Saudi, Minggu (4/8/2019). ANTARA FOTO/REUTERS/Umit Bektas/pras.

Dubai (ANTARA) - Arab Saudi akan menginvestasikan lebih dari 20 miliar dolar AS (sekitar Rp281 triliun) di industri militer dalam negeri selama satu dekade ke depan sebagai bagian dari rencana agresif untuk memperkuat anggaran militernya,  menurut kepala regulator industri militer kerajaan itu, Sabtu.

Negara Teluk itu ingin mengembangkan sekaligus memproduksi lebih banyak senjata dan sistem militer dalam negeri, dengan berencana menghabiskan 50 persen dari anggaran militer domestik pada 2030.

"Pemerintah membuat wacana, di mana kami akan berinvestasi lebih dari 10 miliar dolar AS (sekitar Rp140 triliun, red) di industri militer di Arab Saudi untuk 10 tahun ke depan dan dengan jumlah yang sama dialokasikan untuk penelitian dan pengembangan," kata Gubernur Otoritas Umum Industri Militer (GAMI) Ahmed bin Abdulaziz Al-Ohali saat konferensi pertahanan di Abu Dhabi.

Ia juga mengatakan kerajaan berencana menambah anggaran penelitian dan pengembangan militer, dari yang sebelumnya hanya 0,2 persen menjadi sekitar empat persen dari belanja persenjataan 2030.

Sumber: Reuters

Baca juga: Trump-Arab Saudi capai kesepakatan persenjataan 110 miliar dolar Amerika

​​​​​​​Baca juga: Putra Mahkota Abu Dhabi bahas militer dengan pejabat Arab Saudi
​​​​​​​
Baca juga: Raja Saudi setujui penambahan keberadaan militer AS

 

Negara-negara Arab Teluk sepakati perjanjian kerja sama  

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar