Gandeng LKBN ANTARA Divhumas gelar pelatihan public speaking Polri

Gandeng LKBN ANTARA Divhumas gelar pelatihan public speaking Polri

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Argo Yuwono (kedua kanan), Direktur Utama Perum LKBN ANTARA Medyatama Suryodiningrat (kiri) bersama jajaran Humas Polri dan Direksi ANTARA berfoto bersama usai pembukaan pelatihan public speaking untuk para Kapolres dan perwira humas seluruh Indonesia, di Wisma ANTARA, Jakarta, Senin (22/2/2021). ANTARA/Anita Permata Dewi/am.

Jakarta (ANTARA) - Divisi Humas Polri bekerja sama dengan Perum LKBN ANTARA mengadakan pelatihan keterampilan berbicara di depan umum kepada para kapolres/ kapolresta/ kapolrestabes/ Kapolres Metro, serta Kabidhumas di seluruh Indonesia secara virtual.

"Public speaking punya arti penting bagi siapapun, baik itu individu, lembaga, perusahaan dalam proses penyampaian pesan kepada orang lain atau masyarakat secara luas," kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono di Wisma ANTARA, Jakarta, Senin.

Menurut dia, fungsi kehumasan di Polri merupakan instrumen strategis untuk membangun komunikasi dengan masyarakat sehingga dapat mewujudkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri.

Baca juga: Irjen Iqbal apresiasi Antara Biro NTB hadirkan kanal "polisi menyapa"

Dia menyebut keterampilan public speaking tidak hanya bisa dikuasai oleh orang-orang tertentu saja, melainkan bisa dipelajari dan dilakukan semua orang dari berbagai profesi.

Oleh karena itu, pihaknya menggandeng LKBN ANTARA sebagai mentor dalam pelatihan public speaking dan kehumasan karena ANTARA dipandang sebagai media senior yang berpengalaman di bidang kehumasan dan komunikasi serta kedua belah pihak telah memiliki nota kesepahaman sebelumnya untuk bersinergi dalam bidang kehumasan.

Pelatihan public speaking bertema "Penguatan Kapasitas SDM Polri yang Presisi (Prediktif, Responsibilitas, Transparansi dan Berkeadilan) Melalui Pelatihan Public Speaking" ini dilakukan sebagai tindak lanjut 100 hari program prioritas Kapolri yang salah satu programnya untuk memantapkan komunikasi publik bagi seluruh Kabidhumas, Kapolres/ Kapolresta/ Kapolres Metro/ Kapolrestabes agar memiliki kemampuan berbicara di depan publik dan media.

"Berawal dari Kapolri baru, Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. Setelah beliau ditunjuk di rapat paripurna sebagai Kapolri, kebetulan saya dipanggil, beliau menyampaikan ke saya bahwa Humas (Polri) akan dibesarkan. Dan tentunya dari 100 hari (program Kapolri) untuk public speaking ini, para Kapolres juga diberikan pelatihan, jangan hanya Kabidhumas saja," tutur Argo.

Baca juga: Polda Lampung kunjungi Kantor Berita ANTARA

Pelatihan yang berlangsung sejak Senin (22/2) hingga Jumat (26/2) ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum bagi seluruh Kabidhumas, Kapolres/ Kapolresta/ Kapolres Metro/ Kapolrestabes di seluruh Indonesia.

Para pemateri dalam acara tersebut diantaranya Dirut Perum LKBN ANTARA Meidyatama Suryodiningrat, Produser ANTARA TV Rinto A. Navis dan Produser ANTARA TV Ardi Irawan. Kemudian pemateri lainnya Alfian Rahardjo, Ninok Haryani dan Wardahniah yang merupakan Produser TV dan presenter.

Peserta pelatihan berjumlah 538 orang yang terdiri dari 34 Kabidhumas, 496 Kapolres/ Kapolresta/ Kapolrestabes/ Kapolres Metro, dua orang dari Puspen TNI, Dispen TNI AU, Dispen TNI AD, Dispen TNI AL masing-masing dua orang. Mereka mengikuti acara tersebut secara virtual.

Baca juga: Dansat Brimob Polda Sumut: ANTARA harus terdepan dan semakin inovatif

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Polri ungkap pola Jamaah Islamiyah di bawah Para Wijayanto

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar