Pangdam IV : RS Lapangan Solo dapat dijadikan layanan vaksin massal

Pangdam IV : RS Lapangan Solo dapat dijadikan layanan vaksin massal

Pangdam IV Diponegoro, Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari (kiri) bersama Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi (kanan) saat mencoba fasilitas minuman steril di RS Lapangan TNI AD di Banteng Vastenburg Surakarta, Rabu (24/2/2021). ANTARA/Bambang Dwi Marwoto.

RS ini, bisa dikembangkan dan direnovasi bersama
Solo (ANTARA) - Pangdam IV Diponegoro, Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari mengatakan fasilitas di Rumah Sakit Lapangan TNI Angkatan Darat (AD) di Benteng Vastenburg Solo, dapat dikembangkan untuk pelayanan kegiatan vaksinasi massal dalam penanganan COVID-19 di wilayah tersebut.

"Fasilitas di RS Lapangan Bentang Vastenburg ini, di lahan cukup luas yakni sekitar 4 hektare. Sehingga, dapat dikembangkan untuk pelayanan vaksinasi massal penanganan COVID-19 di Surakarta," kata Pangdam usai acara peresmian RS Lapangan TNI AD di Benteng Vastenburg Solo, Rabu.

Pangdam menjelaskan dirinya sudah ada koordinasi dengan Kepala Dinkes Provinsi Jateng, Yulianto Prabowo, bahwa kawasan RS Lapangan ini, bisa didirikan tenda-tenda untuk pelayanan vaksin massal bagi masyarakat.

"Sehingga, masyarakat beraktivitas di sekitar bentang ini, dengan registrasi atau penjadwalan bisa dilayani vaksinasi di RS ini," kata Pangdam.

Namun, hal tersebut harus ada sinergitas dengan pemerintah daerah setempat, Wali Kota Surakarta baik Dinkes Kota setempat maupun Provinsi Jateng, dan semua Nakes di RS Lapangan siap untuk melakukan pelayanan vaksinasi.

"Jika ada kejadian setelah kegiatan imunisasi atau vaksinasi bisa ditangani langsung di rumah sakit sehingga tempat yang dipersyaratkan vaksinasi terpenuhi. RS ini, bisa dikembangkan dan direnovasi bersama," kata Pangdam.

Baca juga: Kasad: RS lapangan bantu pemda tangani COVID-19

Baca juga: RS Lapangan TNI AD di Solo antisipasi meledaknya COVID-19

Pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan Dinkes Provinsi Jateng, dan DKK Surakarta RS Lapangan ini, akan digunakan juga untuk vaksinasi massal, dimana ke depan akan banyak dilakukan untuk penanganan COVID-19. Program pemerintah harus secepatnya semua masyarakat harus divaksin sehingga kondisi semakin baik.

PLH Wali Kota Surakarta, Ahyani, bakal mendukung gagasan kegiatan vaksinasi massal di RS Lapangan Benteng Vastenburg Solo ini, karena dengan penambahan fasilitas vaksin dapat mempercepat kegiatan imunisasi di Solo.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Surakarta, Siti Wahyuningsih menambahkan RS Lapangan di Benteng Vastenburg Solo bisa dimanfaatkan untuk pelayanan vaksinasi untuk tahap dua di Solo.

"Kami akan atur kembali dan dilihat pemetaannya. Intinya Solo jika mendapatkan vaksin bisa langsung dilaksanakan pelayanan untuk masyarakat. Solo sendiri jujur alokasinya vaksin masing kurang, tahap kedua mendapat 7.000 vial untuk 31.500 sasaran," kata Siti.

Kendati demikian, Dinkes Kota Surakarta meminta masyarakat yang masuk dalam daftar untuk vaksinasi COVID-19 agar datang ke faskes sesuai waktunya sehingga vaksin sesuai yang ditargetkan dengan sasarannya.

Baca juga: RS Lapangan TNI AD di Solo antisipasi meledaknya COVID-19

Baca juga: Gubernur Jatim resmikan RS lapangan penanganan COVID-19 di Kota Malang

 

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar