Liga Inggris

Everton akhirnya rasakan lagi kemenangan kandang

Everton akhirnya rasakan lagi kemenangan kandang

Penyerang Everton Richarlison (kedua kiri) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya seusai mencetak gol ke gawang Southampton dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Goodison Park, Liverpool, Inggris, Senin (1/3/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/POOL/Clive Brunskill)

Jakarta (ANTARA) - Everton akhirnya merasakan lagi kemenangan di kandang sendiri saat mengatasi Southampton 1-0 dalam laga pekan ke-26 Liga Inggris di Stadion Goodison Park, Liverpool, Inggris, Senin waktu setempat (Selasa WIB).

Keunggulan lewat gol semata wayang yang dicetak Richarlison pada awal-awal laga mampu dipertahankan Everton sampai peluit tanda bubaran.

Kendati memetik kemenangan pertama dalam enam pertandingan terakhir di Goodison Park, Everton tak beranjak dari urutan ketujuh klasemen kalah selisih gol dari Liverpool kendati keduanya sama-sama mengoleksi 43 poin.

Sedangkan Southampton (30), yang kini sudah sembilan laga terakhir tak merasakan kemenangan, tetap di posisi ke-14 klasemen, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Baca juga: Everton perpanjang catatan kekalahan beruntun tetangganya Liverpool

Bekal kemenangan Derbi Merseyside sepekan silam menjadi suntikan kepercayaan diri yang besar bagi Everton untuk menekan Southampton sejak awal laga.

Baru sembilan menit pertandingan berlangsung barisan pertahanan Southampton gagal mengantisipasi umpan jauh, yang bisa diteruskan oleh Gylfi Sigurdsson jadi umpan terobosan untuk diselesaikan Richarlison dengan sepakan keras ke pojok kanan bawah gawang demi membuka keunggulan Everton.

Lantas pada menit ke-26, Michael Keane merasa sudah berhasil menggandakan keunggulan Everton ketika ia menyelesaikan umpan Mason Holgate, tetapi gol itu dianulir oleh wasit Martin Atkinson setelah berkonsultasi dengan VAR atas dugaan offside.

Tiga menit berselang, Southampton hampir menyamakan kedudukan sayang umpan silang Moussa Djenepo membentur Mohammed Salisu sehingga bola mudah diamankan kiper Jordan Pickford.

Baca juga: Everton ikat kontrak baru Lucas Digne hingga Juni 2025
Baca juga: Everton dapat izin pembangunan stadion baru dari Dewan Kota


Sebaliknya, Everton mengancam lagi lewat situasi bola mati yang dikirimkan Sigurdsson, tetapi sundulan Richarlison masih melenceng dari sasaran.

Everton memasuki babak kedua dengan agresivitas yang sama tinggi, sayang peluang bagus jarak dekat Ben Godfrey masih dihalau oleh Jannik Vestergaard yang pasang badan di muka gawang.

Dua poin hampir tergelincir dari tangan Everton di pengujung waktu normal ketika barisan pertahanan mereka gagal mengantisipasi situasi sepak pojok, beruntung Pickford jadi penyelamat dengan mementahkan peluang jarak dekat Vestergaard demi mengamankan kemenangan tuan rumah atas Southampton.

Pada pertandingan selanjutnya, Everton akan melawat ke markas West Bromwich Albion pada Kamis (4/3) sebelum Southampton menyambangi Bramall Lane menghadapi Sheffield United dua hari berselang.

Baca juga: Klasemen Liga Inggris: Manchester City kini unggul 12 poin di puncak
Baca juga: Solskjaer klaim MU seharusnya dapat penalti lawan Chelsea
Baca juga: Liverpool akhirnya menang lagi setelah tundukkan juru kunci Sheffield

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Direksi TVRI patahkan alasan Dewas pecat Helmy soal tayangan asing

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar