352 acara pariwisata siap ramaikan West Java Calender Event 2021

352 acara pariwisata siap ramaikan West Java Calender Event 2021

Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil atau Kang Emil hadir dalam peluncurkan West Java Calendar of Event 2021, Kamis (4/3/2021). ANTARA/HO-Humas Pemprov Jabar

Mudah-mudahan dengan 352-an event di 2021 dalam pekerjaan pemulihan ekonomi kreatif terus berlangsung
Bandung (ANTARA) - Sebanyak 352 acara yang berhubungan dengan pariwisata dan kebudayaan berskala kabupaten/kota, provinsi, dan nasional siap meramaikan ajang West Java Calendar of Event 2021 yang bertema Smiling West Java.

Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil atau Kang Emil yang hadir dalam peluncurkan West Java Calendar of Event 2021, di Kota Bandung, berharap, dengan adanya ratusan agenda tersebut, sektor pariwisata, kebudayaan dan ekonomi kreatif Jabar pulih usai terpuruk akibat pandemi COVID-19.

“Mudah-mudahan dengan 352-an event di 2021 dalam pekerjaan pemulihan ekonomi kreatif terus berlangsung," kata Kang Emil, Kamis.

Kang Emil mengatakan, semua event akan berlangsung dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Protokol kesehatan pun akan diterapkan dengan ketat.

“Ada 352 acara yang menandakan orang Jabar kreatif dan produktif walaupun di masa pandemi COVID-19,” tuturnya.

Provinsi Jabar menjadi destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan nusantara maupun mancanegara. Keindahan panorama dan kebudayaan menjadi magnet bagi wisatawan untuk berkunjung ke Jabar.

Menurut Kang Emil, pariwisata adalah bisnis kebahagiaan. Semua desa maupun kota di Jabar menyimpan potensi pariwisata yang besar. Hal itu dapat memicu pemulihan ekonomi di Jabar, khususnya bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Hari ini kita optimistis ingin memulihkan ekonomi melalui adaptasi dengan produktivitas di bidang kebudayaan. Kita sudah menyeleksi insyaallah di tahun 2021 ada 352 event dari skala kabupaten, provinsi maupun nasional,” katanya.

“Mudah-mudahan dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) tidak mengurangi semangat sehingga Jabar, selain pariwisata bersifat tempat yang indah, tapi juga dengan budaya dan kreativitasnya,” imbuhnya.

Dalam acara peluncuran tersebut, Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar menjalin kerja sama dengan Perum Perhutani terkait pengelolaan dan penggunaan hutan lindung dan hutan produksi di Jabar.

Selain itu, Pemda Provinsi Jabar melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar menjalin kerja sama dengan PT Shopee International Indonesia terkait pengembangan ekonomi kreatif di Jabar.

“Harapannya, melalui kerja sama dengan Shopee ini bisa membantu memasarkan produk ekonomi kreatif asal Jabar,” ucap Kang Emil.

Theme song “Smiling West Java” yang menjadi lagu andalan West Java Calendar of Event pun, kata Kang Emil, akan mulai disosialisasikan di beberapa kanal platform.

“Semua instrumen pengantarannya nanti akan menggunakan theme song smiling west java, untuk menyemangati agar tidak patah oleh COVID-19, dan tidak pernah menyerah walaupun pandemi, kita harus tetap semangat,” katanya.

Baca juga: Pemprov Jabar gulirkan program memindai "barcode" lokasi wisata

Baca juga: Gubernur Jabar: Pariwisata Jabar mulai membaik di tengah pandemi

Baca juga: Gubernur: Pariwisata siap sokong ekonomi Jabar pascapandemi

Baca juga: Lewat BISA, Kemenparekraf siapkan destinasi Jabar masuki adaptasi baru


 

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar