Liga Inggris

Everton sodok empat besar klasemen setelah tundukkan West Brom

Everton sodok empat besar klasemen setelah tundukkan West Brom

Penyerang Everton Richarlison (tengah) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya selepas mencetak gol ke gawang West Bromwich Albion dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion The Hawthorns, West Bromwich, Inggris, Kamis (4/3/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/POOL/Alex Pantling)

Jakarta (ANTARA) - Everton menyodok ke empat besar klasemen sementara Liga Inggris setelah menundukkan West Bromwich Albion 1-0 dalam laga pekan ke-29 di Stadion The Hawthorns, Kamis waktu setempat (Jumat WIB).

Tambahan tiga poin membuat tim besutan Carlo Ancelotti itu untuk sementara menduduki peringkat keempat dengan koleksi 46 poin, tetapi posisi mereka belum aman sebab Chelsea (44) akan bertanding di markas Liverpool (43) dalam laga lebih larut.

Gol tunggal Richarlison menjadi penentu kemenangan Everton atas West Brom, sekaligus menandai keberhasilan penyerang asal Brazil itu selalu menjebol gawang lawan dalam empat pertandingan terakhir, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Baca juga: Ancelotti yakin Everton di posisi tepat untuk bidik empat besar

Seperti di pertandingan-pertandingan sebelumnya, West Brom berusaha mencuri gol cepat di awal laga ketika Conor Gallagher mengirimkan umpan silang matang sayang sundulan Mbaye Diagne masih bisa ditepis oleh kiper Jordan Pickford.

Peluang kembali diciptakan tuan rumah pada menit ke-17, tetapi kali ini tembakan voli Diagne dari dekat titik putih melambung di atas mistar gawang.

Everton perlahan bisa meredam serangan West Brom dan mulai balik mengancam sayang dua peluang mereka jelang turun minum belum membuahkan hasil. Tembakan Richarlison melambung setelah membentur Darnell Furlong, sedangkan sepakan Dominic Calvert-Lewin bisa dihalau kiper Sam Johnstone.

West Brom mengawali babak kedua dengan sama baiknya, tetapi dua sundulan Diagne masih tipis melayang di atas mistar gawang dan sontekan sudut sempit Gallagher juga belum menemui sasaran.

Baca juga: Everton akhirnya rasakan lagi kemenangan kandang

Everton justru memecahkan kebuntuan untuk merebut keunggulan pada menit ke-65 melalui situasi sepak pojok yang gagal disapu bersih oleh West Brom dan Gylfi Sigurdsson kembali mengirim umpan silang, yang kali ini bisa ditanduk oleh Richarlison untuk menjebol gawang tuan rumah.

West Brom terus berusaha menembus pertahanan Everton, tetapi tembakan sentuhan pertama Robert Snodgrass menyambut umpan Hal Robson-Kanu pada menit ke-80 masih bisa dihalau oleh Mason Holgate dan cuma menghasilkan sepak pojok.

Pada menit ketiga injury time, Diagne menjebol gawang Everton, tetapi gol itu segera dianulir oleh VAR karena offside, memastikan tim tamu meraih kemenangan tipis.

Hasil itu membuat tren tiga laga nirkalah West Brom berakhir dan mereka tertahan di urutan ke-19 klasemen dengan koleksi 17 poin.

West Brom akan main lebih awal untuk pertandingan selanjutnya pada Minggu (7/3) dengan menjamu Newcastle United, sehari sebelum Everton bertandang ke Stamford Bridge melawan Chelsea.

Baca juga: Gol bunuh diri menangkan Tottenham atas Fulham
Baca juga: Manchester United petik hasil nirgol beruntun di London
Baca juga: Leicester yang pincang cuma dapat satu poin dari Burnley

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Direksi TVRI patahkan alasan Dewas pecat Helmy soal tayangan asing

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar