BUMN siap hadirkan rumah untuk UMKM di Aceh

BUMN siap hadirkan rumah untuk UMKM di Aceh

Staf Khusus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Arya Sinulingga. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/hp/aa.)

Banda Aceh (ANTARA) - Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga menyatakan BUMN akan menghadirkan Rumah BUMN di Aceh yang nantinya akan menjadi rumah untuk pengembangan UMKM di Aceh.

“Kita akan upayakan Rumah BUMN ini akan segera hadir di Aceh yang nantinya di sinilah para UMKM berkumpul dan berkembang,” katanya dalam rapat kerja FK BUMN Provinsi Aceh tahun 2021 di Anjong Mon Mata, Banda Aceh, Senin.

Ia menjelaskan di rumah BUMN yang akan hadir di Aceh nantinya dengan penanggungjawab Bank Syariah Indonesia (BSI) akan melahirkan industri kreatif yang mampu bersaing dengan produk lainnya.

Ia mengatakan di rumah BUMN tersebut nantinya akan menjadi rumah bagi para UMKM Aceh untuk mendapatkan pembinaan, pusat pelatihan dan juga pembiayaan agar usaha dapat terus berkembang.

Baca juga: Paket pengadaan Pemerintah bagi KUKM capai Rp478 triliun

“BUMN memberikan perhatian serius untuk pembinaan UMKM dan sebagai bentuk keseriusan tersebut Pak Menteri BUMN akan menempatkan CEO muda BUMN selevel manejer yang akan mengelola Rumah BUMN ini,” katanya.

Menurut dia penempatan CEO tersebut merupakan bentuk komitmen untuk meningkatkan pengembangan UMKM di Aceh sehingga terus tumbuh dan berkembang dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan membuka lapangan kerja baru.

Pihaknya juga bertekad rumah BUMN tersebut akan dibuka di setiap kabupaten dan kota di seluruh Aceh dalam upaya memperluas jaringan untuk membina pelaku UMKM di seluruh Aceh.

Baca juga: Dekranasda Aceh ajak BUMN berkontribusi kembangkan UMKM

Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyambut baik terhadap rencana hadirnya Rumah BUMN di Aceh yang bertujuan mengembangkan UMKM yang ada di provinsi ujung paling barat Indonesia itu.

“Kami menyambut baik dengan rencana ini dan semoga dapat segera direalisasi dan Kami juga sangat bersyukur BUMN di Aceh juga telah mengambil peran besar untuk mengembangkan UMKM yang ada di provinsi ini,” katanya.

Ia meyakini dengan sinergi dan kolaborasi yang semakin erat antara Pemerintah Aceh dengan BUMN upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menyejahterakan masyarakat dapat terwujud di masa mendatang.

Kegiatan rapat kerja FK BUMN turut dihadiri Kepala Bank Indonesia Provinsi Aceh, Achris Sarwani, Ketua FK BUMN Aceh, Ferry Hariawan dan pimpinan BUMN yang ada di Aceh.

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

UMKM Banda Aceh tumbuh pesat, angka kemiskinan terus menurun

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar