Jakarta (ANTARA News) - Menteri Keuangan Agus Martowardojo akan hadir mewakili Indonesia dalam pertemuan G-20 tingkat Menteri Keuangan di Busan, Korea Selatan pada 3 - 5 Juni 2010.

"Saya Insya Allah akan datang di pertemuan Menkeu di Busan," ujarnya seusai rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI di Gedung DPR RI Jakarta, Rabu.

Ini merupakan kehadiran pertama Agus Martowardojo dalam forum internasional mewakili pemerintah sebagai Menteri Keuangan setelah dilantik 20 Mei 2010 menggantikan Sri Mulyani Indrawati.

Ia mengatakan, dalam pertemuan tersebut bersama Menteri Keuangan dari negara-negara G-20 lainnya akan berdiskusi mengenai krisis ekonomi yang melanda negara-negara Eropa dan regulasi persyaratan bagi negara-negara yang termasuk dalam G-20.

"Semua akan saling berdiskusi tentang kondisi negara G-20 masing-masing, saya menyakini ini suatu forum yang baik sekali dan Indonesia selama ini telah berperan," ujar Menkeu.

Selain itu, Menkeu Agus Martowardojo dalam forum tersebut, juga akan memaparkan kebijakan fiskal dan moneter Indonesia serta belajar berbagi mengenai kebijakan fiskal dan moneter dan membahas permasalahan terbaru, seperti penanganan krisis ekonomi.

"Biasanya nanti kita ditanya tentang kondisi kita, kebijakan kita, baik fiskal, kebijakan moneter itu kita akan berbagi tapi kita juga akan belajar di forum itu," ujar Menkeu.

Ia mengharapkan pertemuan G-20 dapat berguna bagi Indonesia dan hasilnya dapat ditindaklanjuti dalam pertemuan G-20 selanjutnya yang direncanakan berlangsung di Toronto, Kanada pada Juni 2010 mendatang.

"Kita berharap nanti pertemuan di Busan akan dilanjutkan di Toronto dan Indonesia akan berperan di sana," ujar Menkeu Agus Martowardojo.(*)
(T.S034/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010