Sedikitnya 5 orang tewas saat tornado menghantam Alabama

Sedikitnya 5 orang tewas saat tornado menghantam Alabama

Dokumentasi: Seorang perempuan berjalan melalui reruntuhan rumah hancur setelah dua tornado mematikan secara berturut-turut menghantam Alabama, Amerika Serikat.( ANTARA FOTO/REUTERS/Shannon Stapleton/cfo (REUTERS/SHANNON STAPLETON)

Saya menangis. ... Kami benar-benar panik. ... Jantung saya berdebar-debar. Sungguh mengerikan
Chicago (ANTARA) - Beberapa tornado kuat menghantam Alabama utara pada Kamis (25/3), menewaskan sedikitnya lima orang, melukai puluhan lainnya dan menghancurkan seluruh lingkungan.

Lima kematian yang dikonfirmasi berada di Ohatchee, sebuah kota berpenduduk sekitar 1.200 orang di sudut barat laut negara bagian itu di mana angin puting beliung memporak-porandakan rumah-rumah dan menumbangkan pohon serta kabel listrik, menurut Badan Manajemen Darurat Kabupaten Calhoun.

Pat Brown dari Badan Manajemen Darurat Kabupaten Calhoun mengonfirmasi kepada Birmingham News bahwa empat orang dewasa tewas di Ohatchee, tiga di antaranya berasal dari keluarga yang sama. Orang dewasa yang kelima tewas di daerah Wellington, Alabama. Tidak ada yang teridentifikasi.

Petugas penyelamat sedang merawat korban yang terluka dan mencari korban lain, kata badan itu.

Baca juga: Tornado Alabama Tewaskan 45 Orang

Foto yang diunggah di media sosial menunjukkan sederet bangunan di dekat Ohatchee yang telah runtuh, dengan atap yang rusak, memperlihatkan furnitur dan isi rumah lainnya. Menara gereja putih, masih utuh, terletak di samping bangunan yang hancur.

Puluhan ribu orang dibiarkan tanpa listrik.

Allison Allred, seorang desainer bunga berusia 23 tahun, bersembunyi di sebuah lorong bersama neneknya yang berusia 73 tahun di rumah mereka di Georgia's Bartow County, dekat negara bagian Alabama.

"Saya menangis. ... Kami benar-benar panik. ... Jantung saya berdebar-debar. Sungguh mengerikan," katanya dalam wawancara telepon. "Saat itu hujan es dan hujan turun sangat deras sehingga Anda tidak bisa melihat apa-apa. Saat itu sangat gelap, tapi untungnya kami aman."

Seorang petugas polisi di Florence disambar petir saat dia memasang penghalang jalan, kata departemen kepolisian setempat. Petugas itu "sadar dan responsif" di Pusat Kesehatan North Alabama, kata polisi Florence di Twitter.

Setidaknya dua badai menyebabkan pelacakan yang panjang, tornado dahsyat yang melanda sekitar 100 mil dari Alabama pada Kamis sore, kata Chris Darden, ahli meteorologi Layanan Cuaca Nasional di Birmingham.

Kerusakan signifikan

Lebih banyak tornado mungkin telah melanda di daerah tersebut, kata Darden, tetapi jumlah puting beliung tidak akan diketahui sampai survei dapat diselesaikan dalam beberapa hari mendatang.

"Jumlahnya tidak sepenting apa yang telah terjadi," ujarnya. "Kami melihat kerusakan yang signifikan di beberapa rumah penduduk. Ada banyak wilayah di Alabama tengah yang terpukul parah dengan kerusakan besar."

Situs berita Al.com mengatakan "banyak cedera" telah diderita di Shelby County, tenggara Birmingham. Tidak ada keterangan detil lebih lanjut yang tersedia saat ini.

"Shelby County telah mengalami kerusakan parah akibat tornado. Kami dapat memastikan bahwa struktur permukiman lokal telah hancur total," kata polisi setempat John Samaniego dalam sebuah pernyataan kepada Al.com.

"Prioritas kami saat ini adalah mengidentifikasi warga yang membutuhkan perhatian medis darurat. ... Pencarian dan penyelamatan ini akan berlanjut sepanjang malam hingga dini hari," kata Samaniego.

Sumber : Reuters

Baca juga: Tiga orang terluka akibat tornado di Birmingham, Alabama
Baca juga: Tornado Alabama Tewaskan 45 Orang

 

Penerjemah: Azis Kurmala
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar