Surabaya (ANTARA News) - Massa dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) turun ke jalan untuk mengecam kebrutalan pasukan Israel terhadap aktivis kemanusiaan yang menjalankan misi "Freedom Flotilla".

Mereka menggelar aksi unjuk rasa dengan berjalan kaki dari depan Gedung Negara Grahadi di Jalan Gubernur Suryo, Surabaya, menuju Tugu Bambu Runcing dan kembali lagi ke Grahadi, Minggu.

Aksi 3.000 simpatisan partai berlambang bulan sabit kembar yang diselipi untaian padi tegak lurus itu menutup Jalan Gubernur Suryo.

Menurut Ketua DPD PKS Kota Surabaya, Ibnu Shobir, aksi itu dilakukan sebagai bentuk solidaritas terhadap Palestina.

"Kami juga mengajak masyarakat untuk peduli Palestina, terutama pasca kebrutalan serangan Israel terhadap `Freedom Flotilla` di atas kapal Mavi Marmara," katanya.

Ia menyerukan, rakyat Palestina harus dibantu dan diselamatkan dari kungkungan serdadu Israel.

Dalam aksinya, PKS juga menyediakan kotak amal untuk menggalang dana yang akan disalurkan kepada rakyat Palestina.

Dalam orasinya, PKS meminta Perserikatan Bangsa Bangda (PBB) untuk bertindak tegas dan memberikan sanksi terhadap Israel serta menekannya agar membuka blokade atas wilayah Gaza.

Selain itu, PKS mendesak pemerintah Indonesia segera segera melakukan diplomasi untuk menyatukan negara-negara muslim guna mengakhiri penjajahan Israel di Palestina.(M038/I007)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010