Tanjungpinang (ANTARA News) - Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso secara resmi melepas sebanyak 286 atlet peserta lomba renang Selat Riau dari Tanjung Uban, Bintan menuju Kabil, Batam, Kepulauan Riau, Minggu.

Panglima TNI melepas atlet renang putra tanpa alat sebanyak 75 orang, diikuti oleh Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Agus Suhartono yang melepas sebanyak 25 atlet renang putri tanpa alat yang akan menempuh jarak sejauh 10 kilometer mengarungi Selat Riau.

Selain untuk kategori renang tanpa alat tersebut, lomba renang Selat Riau juga diikuti oleh peserta renang dengan menggunakan alat "fin swimming" sebanyak 182 atlet yang terdiri atas 55 atlet putra, 31 atlet putri dan 96 orang atlet dari kesatuan TNI/Polri.

"Diharapkan kegiatan ini menumbuhkan rasa cinta bahari dan juga untuk meningkatkan prestasi atlet," kata Djoko.

Panglima mengatakan kegiatan ini akan tetap dilanjutkan dan akan lebih ditingkatkan lagi.

"Selain renang, kami juga akan lebih meningkatkan olah raga selam dan layar," katanya.

Panglima juga berharap agar masyarakat Indonesia lebih mencintai bahari.

Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Agus Suhartono mengatakan kegiatan lomba renang ini bukan hanya sekedar untuk olah raga tapi juga untuk meningkatkan kemampuan prajurit, serta mengembangkan potensi bahari.

"Kami akan lakukan kegiatan ini setiap tahunnya di beberapa pulau di Indonesia dan pada Agustus 2010 juga akan diadakan Sail Banda," kata Agus.

Saat perlombaan sedang berlangsung , ternyata ada sebagian atlet yang "gugur" atau kalah karena tidak sanggup mengikuti perlombaan yang cukup menguras tenaga tersebut.
(T.KR-NP/A011/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010