Vaksinasi di mal disebut percepat pemulihan ekonomi di Surabaya

Vaksinasi di mal disebut percepat pemulihan ekonomi di Surabaya

Wali Kota Surabaya Eri Cahaydi saat meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di Galaxy Mall II Surabaya, Jatim, Rabu (7/4/2021).  FOTO ANTARA/HO-Humas Pemkot Surabaya.

Yang kita kejar adalah pelaku UMKM, petugas pelayan-pelayan publik seperti di mal
Surabaya (ANTARA) - Wali Kota Surabaya, Jawa Timur Eri Cahyadi menilai pelaksanaan vaksinasi yang mulai ramai diadakan di sejumlah mal di "Kota Pahlawan" itu  bisa mempercepat pemulihan ekonomi selama masa pandemi COVID-19.

"Alhamdulillah vaksinasi hari ini ada lagi tempat di Galaxy Mall II. Memang yang kita kejar adalah pelaku UMKM, petugas pelayan-pelayan publik seperti di mal," katanya saat meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di Galaxy Mall II Surabaya, Rabu.

Vaksinasi COVID-19 di Galaxy Mall II diikuti mulai dari pemilik "tenant" beserta karyawan di pusat perbelanjaan, pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan karyawan hotel di sekitar mal.

Wali Kota mengaku bersyukur sebab ada lagi lokasi yang dapat dimanfaatkan untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi di Surabaya. Apalagi, kata dia, saat ini Pemkot Surabaya sedang gencar melaksanakan vaksinasi di beberapa lokasi.

Menurut dia, ketika petugas pelayan publik sudah menerima vaksin, tentunya masyarakat bakal lebih yakin untuk datang ke pusat-pusat perbelanjaan. Hal ini secara otomatis akan berimbas pada pergerakan ekonomi di Surabaya.

"Orang untuk ke mal merasa yakin karena petugasnya sudah divaksin semua. Kalau sudah yakin, kan pergerakan ekonomi juga jalan," katanya.

Ia mengatakan meski di tengah pandemi, perputaran roda ekonomi di Surabaya harus tetap berjalan. Makanya, perlu adanya terobosan-terobosan baru agar ekonomi ini tetap berjalan, salah satunya melalui penerapan SOP protokol kesehatan di berbagai sektor serta pelaksanaan vaksinasi.

"Karena ketika pandemi ini, ekonomi tidak boleh mati. Makanya kita harus punya terobosan-terobosan. Ya (salah satunya melalui) vaksinasi itu. Alhamdulillah teman-teman di Dinas Kesehatan vaksinasinya cepat," kata Eri Cahyadi.

Sementara itu, Kepala Dinkes Kota Surabaya, Febria Rachmanita menambahkan vaksinasi yang berlangsung di Galaxy Mall II diikuti sekitar 1.500-2.000 peserta. Mereka terdiri  atas para pemilik tenant dan karyawan, karyawan hotel di sekitar mal, pelaku UMKM serta awak media.

"Ini merupakan pelaksanaan vaksinasi tahap dua dosis satu. Pelaksanaan vaksinasi di Galaxy Mall II, berlangsung hingga Jumat (9/4) besok," katanya.

Tidak hanya di Galaxy Mall II Surabaya, pada momen sebelumnya, Wali Kota Eri Cahyadi juga sempat meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi massal di beberapa lokasi di antaranya vaksinasi "drive thru" yang berlangsung di Universitas Surabaya (Ubaya), Tunjungan Plaza (TP) hingga Pasar Genteng Baru Surabaya. 

Baca juga: PD Pasar Surabaya optimalkan vaksinasi COVID-19 untuk pedagang

Baca juga: Pemkot Surabaya fasilitasi pihak sediakan tempat vaksinasi COVID-19

Baca juga: Vaksinasi COVID-19 "drive thru" pertama di Jatim digelar di Surabaya

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Dugaan B1351 turunkan efikasi, Kemenkes terus akselerasi vaksinasi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar