Denpasar (ANTARA News) - Dita, kuda nil koleksi taman satwa dan laut Bali Safari & Marine Park di Kabupaten Gianyar, Bali, untuk pertama kalinya melahirkan setelah usia kehamilannya delapan bulan.

Marketing Komunikasi Media Bali Safari & Marine Park Astrid W Iswulandari, di Gianyar, Minggu, menjelaskan Dita melahirkan pada 18 Mei 2010.

Kuda nil kecil yang masih belum mempunyai nama itu, memiliki berat badan antara 20-40 kg.

Dita yang berumur 12 tahun tersebut adalah kuda nil dari Taman Safari Indonesia Cisarua, Jawa Barat. Dita dengan sang jantan, Doni, mendiami wilayah danau Manyara, sejak Bali Safari & Marine Park dibuka pada 2007.

"Keeper" yang merawat Dita, Wayan Surata menjelaskan kelahiran bayi kuda nil ini berjalan alami di dalam air.

"Mendekati hari melahirkan, Dita menjadi tidak mau makan seperti porsi biasanya, dan lebih lama berdiam diri di dalam air," katanya.

Kurator Divisi "Life and Science" Bali Safari & Marine Park Tim Husband mengatakan bangga terhadap kelahiran kuda nil ini.

"Para `keeper` merawat kuda nil ini dengan baik sehingga bayinya dapat hidup dengan sehat," katanya.

Kuda nil adalah hewan herbivora yang habitatnya berada di sub-Sahara Afrika. Kuda nil sering menyerang siapa pun yang menempati wilayah mereka. Kuda nil adalah mamalia terbesar ketiga setelah gajah dan badak putih.

Sebagai lembaga konservasi dan pendidikan, kata Astrid, Bali Safari & Marine Park berupaya menangkarkan satwa langka ini. Tidak hanya untuk memperkaya populasi di taman, tetapi juga berkontribusi untuk populasi hewan langka di dunia.(M026/M008)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010