Ada Harbolnas, BI: Transaksi e-commerce bakal melonjak jelang Lebaran

Ada Harbolnas, BI: Transaksi e-commerce bakal melonjak jelang Lebaran

Ilustrasi - Wanita muda menggunakan komputer laptop untuk belanja online. ANTARA/Shutterstock/pri.

Pada 5 Mei ada Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional) dan menjelang itu ada banyak promo yang dilakukan e-commerce. Ada beberapa info transaksi di e-commerce akan meningkat
Jakarta (ANTARA) - Bank Indonesia (BI) memperkirakan akan ada peningkatan transaksi di berbagai platform e-commerce menjelang Lebaran 2021.

“Pada 5 Mei ada Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional) dan menjelang itu ada banyak promo yang dilakukan e-commerce. Ada beberapa info transaksi di e-commerce akan meningkat,” ujar Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Filianingsih Hendarta saat konferensi pers daring di Jakarta, Rabu.

Fili menyebutkan program belanja yang telah dipersiapkan e-commerce, di antaranya Tokopedia dengan promo gratis ongkir menggunakan Go Send, Shopee dengan program Goyang Berkah 10 Miliar, Blibli dengan program Festival Ramadhan, dan Lazada dengan program Lazada Amana.

Baca juga: Transaksi belanja di merchant e-commerce meningkat saat Harbolnas

Ia meyakini berbagai program promo di e-commerce tersebut akan meningkatkan transaksi digital banking, sms banking, dan internet banking.

Digital banking pasti akan meningkat sama dengan pada saat Natal dan Tahun Baru, sms dan internet banking meningkat,” ujar dia.

Bank Indonesia mencatat peningkatan digital banking secara volume pada tahun lalu mencapai 41 persen dan secara nominal meningkat 2,7 persen.

Baca juga: BPKN: Potensi kerugian konsumen dalam transaksi digital semakin besar

“Pangsa di e-commerce baik transfer bank, uang elektronik dan kredit, itu metode-metode di pembayaran di e-commerce. Termasuk pay later akan meningkat pada Lebaran ini,” jelas dia.

Adapun Bank Indonesia memperkirakan transaksi digital banking sepanjang 2021 akan mencapai Rp32.206 triliun atau lebih tinggi dibandingkan pada 2020 yang sebesar Rp27.036 triliun.

Bank Indonesia juga mencatat pada Februari 2021, nominal transaksi e-commerce mencapai Rp27,2 triliun, naik 45,28 persen (yoy) dan secara volume naik 107,1 persen (yoy) menjadi 174,6 juta transaksi.

Baca juga: BI ajak masyarakat gunakan uang pecahan Rp75 ribu sebagai THR Lebaran

Baca juga: BI: Temuan uang palsu turun, seiring naiknya transaksi digitalisasi


Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2021

BI sebut peningkatan kasus COVID-19 pengaruhi ekonomi Sumbar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar