Jakarta (ANTARA News) - Kapersky Lap salah satu pengembang terkemuka solusi manajemen konten keamanan meluncurkan Kapersky Mobile Security 9 sebuah solusi terpadu untuk melindungi ponsel pintar dari semua jenis ancaman dengan tingkat keamanan yang sempurna.

"Kita menggunakan Ponsel pintar setiap hari untuk mengirimkan dan menerima sms pribadi, melakukan panggilan, mengakses Internet, dan berkomunikasi dalam jejaring sosial dan ponsel tersebut menyimpan banyak informasi tentang kehidupan pribadi kita," ujar Sergey Nevstruev, Director of Mobile Kapersky Lab.

Dalam pers rilis Kapersky Rabu disebutkan, salah satu fiturnya yaitu Privacy Protection berfungsi membantu pengguna untuk menyembunyikan informasi kontak apapun yang mereka ingin terjaga kerahasiaannya dengan cara membuat daftar kontak yang ada di SIM atau memori telepon.

Dengan sentuhan tombol, pengguna Kapersky Mobile 9 dapat menandai kontak sebagai 'pribadi' berarti tidak akan ada jejak yang muncul dalam daftar kontak, call log, SMS atau panggilan masuk dan orang lain yang menggunakan ponsel pintar ini tidak akan menyadari informasi yang tersembunyi.

Versi terbaru produk itu dapat menyembunyikan sebagian kontak, seperti menyembunyikan informasi call log tentang percakapan dengan kontak tertentu, tapi dengan membiarkan nomor terlihat dalam daftar kontak.

"Dengan versi terbaru, kami melangkah lebih jauh kedalam domain perlindungan privasi bagi pengguna ponsel, melindunginya dari kebocoran data pribadi dari seseorang yang memperoleh akses sementara ke ponsel anda, panggilan atau SMS yang mengganggu."

Jika diperlukan kontak yang tersembunyi dapat dilihat kembali dengan mudah dengan cara memasukan password. Pengaturan yang fleksibel memungkinkan pengguna untuk menerima panggilan masuk dan pesan, setelah itu pengguna dapat menyembunyikan informasi yang diterima, mengabaikan atau menerima kembali setelah menyalakan modus normal.

Mode Privacy Protection dapat diatur secara manual dengan menggunakan aplikasi interface, secara otomatis setelah periode yang ditetapkan tidak aktif atau secara jarak jauh dengan mengirimkan SMS khusus ke nomor anda sendiri.

Versi terbaru dari Kapersky Mobile Security 9 juga mencakup penyempurnaan fitur Anti-Theft yang dapat digunakan oleh pengguna ponsel pintar untuk memblokir perangkat jika ponsel mereka hilang atau dicuri, menghapus memori, mencarinya melalui GPS serta menerima pemberitahuan mengenai nomor baru jika SIM diganti.

Setelah diblokir dari jarak jauh, ponsel pintar dapat menampilkan pesan yang diatur sebelumnya memungkinkan pengguna yang mengambil ponsel itu mengembalikan kepada pemiliknya yang sah.

Namun sayangnya Kaperksy Mobile Security 9 dapat dioperasikan dengan sistem Symbian 9.1, 9.2, 9.4 dan Windows Moile 5.0, 6.0 - 6.5.

"Untuk saat ini kami hanya menyasar untuk Symbian dan Windows mungkin kedepannya bisa digunakan di OS lainya," ujar Alex Ng, Product Manager Kapersky Lab, Southeast Asia.

(Adm/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010