Medan (ANTARA News) - Museum Negeri Sumatera Utara (Sumut) tengah giat melakukan berbagai upaya pembenahan untuk meningkatkan kinerja demi menyukseskan Tahun Kunjungan Museum 2010.

"Untuk menyukseskan tahun kunjungan museum kita melakukan pembenahan di berbagai aspek pelayanan dan performa, supaya mendapat citra baik di masyarakat," kata Kepala Museum Negeri Sumut, Sri Hartini, di Medan, Senin.

Ia menjelaskan, pembenahan pelayanan serta performa itu penting dilakukan, supaya anggapan masyarakat bahwa museum selalu gelap, kotor dan membosankan berubah menjadi sarana wisata sejarah yang mengasyikkan.

Sri menambahkan, untuk meningkatkan apresiasi masyarakat akan keberadaan museum, maka tampilan museum perlu dirubah dan harus berbeda dibanding sebelumnya.

Untuk itu, pihaknya secara khusus mendatangkan ahli "design interior" untuk mengubah tampilan museum itu.

Gerakan Nasional Cinta Museum akan berlangsung selama lima tahun hingga 2015. Sehubungan dengan itu Museum Negeri Sumut berupaya meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap tempat penyimpanan karya para leluhur itu.

Selain itu, untuk menarik minat masyarakat berkunjung ke museum, Museum Negeri Sumut juga telah merancang berbagai kegiatan, seperti pameran museum bersama yang diikuti berbagai museum di Indonesia.
(T.PSO-023/R014/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010