Jakarta (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional Taufik Kurniawan, menyatakan partainya akan meminta klarifikasi kepada Ketua Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan, Kuntoro Mangkusubroto atas pengumuman beberapa anggota kabinet yang kinerjanya mendapatkan nilai merah.

"Kita akan minta klarifikasi lebih lanjut, dasar seperti apa menteri kami dievaluasi, kami minta klarifikasi Pak Kuntoro," kata Sekjen PAN Taufik Kurniawan di Jakarta, Selasa..

Sebelumnya UKP4 telah mengumumkan beberapa menteri yang raportnya merah, dimana salah satunya merupakan kementerian dari kader PAN.

Menurut Taufik, laporan UKP4 harus diklarifikasi terlebih dahulu karena unit kerja itu tidak bisa memberikan rapor merah terhadap suatu kementerian dengan alasan pencapaian target kinerja.

Pencapaian target tersebut tambah Taufik, pencapaian target kerja berhubungan dengan cairnya anggaran (APBN).

"Penilaian menjadi tidak fair jika kinerja menteri terhambat karena memang anggarannya belum cair," kata Taufik.

Taufik menegaskan, perombakan kabinet adalah hak prerogatif Presiden. UKP4, tegas Taufik, tidak bisa merekomendasikan perombakan kabinet namun memberikan penilaian obyektif terhadap kinerja kementerian.

"Kalau rapor merah karena performa, karena kurang bisa berkomunikasi dengan parlemen ya tidak masalah. Tapi kalau karena tidak melaksanakan tugas karena anggaran belum ada ya subjektif sekali," kata Taufik. (*)
(J004/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010