London (ANTARA News/AFP) - Jendral Sir David Richards telah ditunjuk sebagai kepala baru pasukan bersenjata Inggris, kata menteri pertahanan negara itu, Rabu.

Richards, yang kini memimpin angkatan darat, adalah tokoh yang sangat dihormati yang merupakan komandan Pasukan Bantuan Keamanan Internasional (ISAF) di Afghanistan pada 2006 dan 2007.

Ia juga memimpin tentara Inggris di Sierra Leone pada 2000 dan menjalani beberapa pergiliran tugas di Irlandia Utara.

Richards akan mengambil alih dari Sir Jock Stirrup sebagai kepala staf pertahanan (CDS) pada Oktober mendatang setelah para pejabat merampungkan peninjauan kembali pertahanan besar.

Stirrup, yang ditunjuk pada 2006, akan mundur April mendatang.

Menteri Pertahanan Liam Fox membantah bahwa Stirrup telah dipecat karena kecaman bahwa ia tidak berbuat cukup untuk mendukung 10.000 tentara Inggris dalam perang yang makin berdarah di Afghanistan.

"Jendral Sir David Richards akan mengambil alih sebagai CDS pada Oktober tahun ini, setelah berakhirnya Peninjauan Kembali Pertahanan dan Keamanan Strategis," kata Fox dalam satu pernyataan.

"Saya ingin mengambil kesempatan ini untuk memberikan penghormatan pada Sir Jock, yang telah memberikan kepemimpinan yang baik sekali pada militer sepanjang waktunya sebagai CDS dan yang pasti akan terus berbuat demikian pada beberapa bulan mendatang." (S008/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010