Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Indonesia tengah menjalankan proyek-proyek terkait debt swap (konversi utang) yang disepakati bersama empat negara kreditor, Jerman, Italia, Amerika Serikat, dan Australia.

Program debt swap dengan Australia ditandatangani di Jakarta Kamis ini yang melibatkan tiga pihak yaitu Pemerintah Indonesia, Pemerintah Australia dan Global Fund, kata Deputi Menteri Perekonomian Bidang Kerjasama Ekonomi dan Pembiayaan Internasional Rizal Affandi Lukman.

Melalui program itu utang Pemerintah Indonesia sebesar 75 juta dolar Australia dihapus, dan setengah dari jumlah itu akan digunakan untuk pemberantasan tubercolosis di Indonesia melalui Global Fund.

Program debt swap merupakan program pengurangan stok utang luar negeri Pemerintah Indonesia yang disepakati bersama dengan negara kreditur yang tergabung dalam Paris Club.

Kesepakatan itu tertuang dalam article IV dari perjanjian penjadualan utang dari Paris Club II dan III, di mana pelaksanaannya dilakukan melalui kesepakatan dengan negara-negara kreditur secara bilateral.

Tiga negara lain yang telah memberi pengalihan utang kepada Indonesia adalah Jerman, Italia, dan Amerika Serikat.

Tahap pertama penandatangan perjanjian dengan AS 30 Juni 2009. Selanjutnya Pemerintah AS juga menawarkan TFCA tahap II senilai 20 juta dolar AS dengan tambahan dana 20 persen atau 4,0 juta dolar AS dari swap partner.

Dari beberapa NGO yang diundang jadi swap partner, ada tiga NGO yang menyatakan kesediaan yaitu WWF Indonesia, The Nature Consevancy, dan Conservation Internasional.

"Saat ini sedang dilakukan pembahasan mekanisme dan penunjukan swap partner," kata Rizal.

Berikut rincian debt swap untuk Indonesia dengan Jerman, Italia, dan AS:

Jerman 143,6 juta Euro

  • Debt swap I (untuk pendidikan) sebesar 25,56 juta Euro
  • Debt swap II (pendidikan) sebesar 23,00 juta Euro
  • Debt swap III (lingkungan hidup) 25,00 juta Euro
  • Debt swap IV (pendidikan) 20 juta Euro
  • Debt swap V (kesehatan) 50 juta Euro.
Italia (bagi proyek-proyek rekonstruksi dan Program Keluarga Harapan di NAD dan Nias).
  • Tahap I sebesar 1,43 juta Euro dan 5,03 juta dolar AS pada November 2007 dan penghapusan
  • Tahap II sebesar 2,50 juta Euro dan 11,64 juta dolar AS.
Amerika Serikat

AS disepakati pelaksanaan program debt swap Tropical Forest Conservation Act (TFCA) yang menghapuskan utang luar negeri Indonesia sebesar 20 juta dolar AS dan 2,0 juta dolar AS.

(ANT/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010