Makassar (ANTARA News) - Staf Ahli Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Bidang Multikultural, Sri Rahayu Budiarti mengaku jika bersikap ramah dan jujur sama wisatawan mancanegara (wisman) bisa meningkatkan kunjungan.

"Tingkah laku yang baik dan bersikap jujur sama wisatawan mancanegara itu besar dampaknya dan dapat meningkatkan kunjungan berikutnya," kata Sri Rahayu Budiarti di Makassar, Jumat.

Ia menuturkan, berdasarkan penelitian dan hasil wawancara terhadap wisatawan mancanegara, mereka mengaku datang ke Indonesia karena mendapat perlakukan yang ramah dari masyarakat Indonesia.

Karena itu, masyarakat diminta untuk meningkatkannya karena selain dari bahasa formal, bahasa non verbal juga sudah memberikan kesan keramahan kepada wisman.

"Kebanyakan wisman datang ke Indonesia karena ajakan teman maupun sanak keluarga," ujarnya.

Jadi apapun yang dirasakan bagi wisatawan itu, lanjutnya, akan menjadi sebuah media berkomunikasi antara satu dengan lainnya. Apalagi wisatawan itu sangat sensitif dan jika saja mereka mendapatkan perlakukan yang kurang ramah, maka mereka akan memberikan citra negatif terhadap negeri kita.

Selain daripada hasil ajakan satu dengan lainnya, cukup banyak juga wisman yang berkunjung karena iklan yang dibuat baik melalui film, teknologi informasi melalui "website" maupun pemberitaan positif media. (ANT/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010