London (ANTARA News) - Demontrasi secara besar besaran yang diadakan oleh gabungan berbagai komponen digelar masyarakat Inggris guna menyesalkan serangan militer berpesawat udara oleh Israel terhadap warga sipil Palestina.

Penyanyi Annie Lennox dan para politisi serta aktivis tampak ikut dalam demo yang dimulai di London, ibukota Kerajaan Inggris, Sabtu. Demo serupa kemudian digelar pula di kota kota lain, seperti Manchester, Skotlanda, Leeds, Sheffield, Newcastle, kota Liverpool, Hastings, York, Norwich, Tunbridge Wells, Protest Durham, Bradford, Bristol, Portmouth, Hull, Swansea.

Di London demo dimulai pukul dua siang dengan berkumpul di depan gedung Parliament Square, dekat Westminster, yang masih satu kompleks dengan jam besar Big Ben.

Sekretaris Ikatakan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) untuk Kerajaan Inggris, Dono Widiatmoko, mengatakan bahwa organisasi yang secara resmi ikut bergabung dalam demo di kota Manchester, diantaranya adalah Greater Manchester Stop the War Coalition, Palestine Forum, North Manchester against Wars.

Selain itu juga bergabung Muslim Association of Britain, seperti Action Palestine, Manchester Palestine Solidarity Campaign, Muslim Public Affairs Committee-UK, Greater Manchester Respect, Permanent Revolution, Manchester SWP, dan Fight Racism Fight Imperialism.

Di Manchester, demo dimulai pukul 12 siang yang dimulai dari Cavendish St, All Saints Park on Oxford Rd. Manchester menuju pusat kota dan berkumpul di Albert Square.

Sementara itu, di kota Glasgow, Skotlandia, juga digelar demo yang dimulai di luar gedung Lloyds TSB St Vincent Street, dan mereka berkumpul di Blytheswood Square pada pukul 14.00, kemudian di kota Edinburg mulai pukul 12.00 berlangsung di kawasan Foot of the Mound, Princes Street.

Di Kota Exester yang juga demo dimulai pukul 12 siang yang diadakan di Bedford Square, Exeter High Street, para pendemo diminta membawa bunga dan mengenakan busana hitam.

Dua hari sebelumnya, demo juga digelar oleh Hizbut tahrir Britain di depan Kedutaan Mesir yang menuntut agar pasukan Mesir, Suria, serta Iran dapat membantu rakyat Palestina di Jalur Gaza. (*)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2009