UNP satu-satunya di Sumatera terima mahasiswa S3 Ilmu Keolahragaan

UNP satu-satunya di Sumatera terima mahasiswa S3 Ilmu Keolahragaan

Rektor UNP Prof Ganefri, Ph.D (tengah) saat mengumumkan pembukaan mahasiswa baru S3 Ilmu Keolahragaan. ANTARA/Antarasumbar/Mutiara Ramadhani.

Padang (ANTARA) - Universitas Negeri Padang (UNP) menjadi satu-satunya perguruan tinggi (PT) di Sumatera yang buka penerimaan mahasiswa baru program studi (prodi) S3 Ilmu Keolahragaan.

"Prodi S3 Ilmu Keolahragaan ini merupakan satu-satunya di Sumatera, hanya UNP baru yang dapat izin untuk penyelenggaraan prodi tersebut," kata Rektor UNP Prof Ganefri, Ph.D di Padang.

Ia mengatakan prodi tersebut telah dibuka untuk tahun ajaran baru pada Juli 2021. Namun, untuk kuota penerimaannya masih dibatasi.

"Semester ini kita terima mahasiswa melalui jalur doktor tapi tidak banyak yang kita terima, paling banyak hanya sekitar 12 hingga 15 orang saja," ucap Rektor.

Baca juga: Kemendikbudristek setujui UNP menjadi PTN BH

Baca juga: Rektor UNP : Mahasiswa jalur seleksi Mandiri punya hak sama


Rektor mengatakan jumlah penerimaan tersebut masih dibatasi karena UNP masih mempunyai keterbatasan terkait promotor.

Pada Kamis lalu UNP telah mengukuhkan dua orang guru besar dari Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) termasuk Dekan FIK.

Rektor mengaku bersyukur dengan telah dikukuhkannya dua orang guru besar pada bidang Ilmu Keolahragaan itu sehingga bisa menunjang kelancaran prodi baru tersebut.

"Dengan bertambahnya guru besar di FIK dapat menambah jumlah yang punya kewenangan untuk membimbing di fakultas itu sebagai promotor utama, karena untuk program doktor itu promotor utamanya harus profesor tidak boleh doktor," ujar dia.

Rektor berharap mudah-mudahan Ilmu Keolahragaan yang dimiliki UNP akan bisa meningkatkan prestasi olahraga di Sumatera Barat dan nasional.

Khusus di Program Studi Ilmu Keolahragaan, FIK UNP punya tiga prodi yang linear, yakni S1 Ilmu Keolahragaan, S2 Ilmu Keolahragaan, dan S3 Ilmu Keolahragaan.*

Baca juga: UNP lakukan UTBK-SBMPTN dengan prokes ketat

Baca juga: Menaker apresiasi kegiatan Job Fair UNP

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Mahasiswa UNP ciptakan Robot untuk antisipasi COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar