Lubuklinggau  (ANTARA News) - Pihak PT KA pasca-penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) baik solar maupun premium pada 15 Januari 2009, saat ini mulai menurunkan tarif tiket kereta api (KA) untuk kelas ekonomi sebesar 8 persen dari harga semula.

"Tiket untuk KA ekonomi Serelo turun 8 persen dari Rp16 ribu menjadi Rp15 ribu untuk jurusan Lubuklinggau-Palembang sebagai jurusan terjauh, dan untuk kota-kota lainnya disesuaikan dengan besar tarifnya," kata kepala stasiun KA Lubuklinggau, Fakhmi, Rabu.

Dikatakannya, penurunan tarif KA ekonomi Serelo tersebut didasarkan dengan surat keputusan Dirut PT KAI di Bandung, terhitung sejak adanya penurunan BBM. Sedangkan untuk tarif tiket KA bisnis dan ekskutif Bukit Sulap jurusan Lubuklinggau-Palembang, yaitu Rp50 ribu untuk tiket bisnis dan Rp90 ribu untuk ekskutif tidak mengalami perubahan harga.

Untuk tarif ekonomi jurusan Lubuklinggau dan kota-kota lainnya di Sumsel, setelah adanya penurunan harga mulai dari jurusan Lubuklinggau-Tebing Tinggi-Lahat-Muara Enim menjadi Rp11 ribu untuk dewasa dan anak-anak Rp9 ribu sedangkan untuk jurusan Lubuklinggau-Prabumulih menjadi Rp13 ribu untuk dewasa dan tiket anak-anak Rp11 ribu.

Adanya penurunan harga tiket ini, sebelumnya, tidak banyak diketahui warga. Adanya penurunan harga tiket ini disambut positif dan berharap hal ini juga akan berlaku untuk tarif angkutan umum lainnya.

"Kalau bisa ongkos untuk taksi dan kendaraan umum lainnya juga diturunkan, karena baru tiket KA kelas ekonomi," harap Endah, seorang penumpang KA ekonomi Serelo. (*)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2009