Jakarta, 16/8 (ANTARA) - Kementerian Kehutanan c.q Pusat Bina Penyuluhan Kehutanan menyelenggarakan Temu Karya dan Sarasehan Pemenang Lomba Penghijauan dan Konservasi Alam Tahun 2010, pada 14-19 Agustus 2010, bertempat di Hotel Orchardz, Gunung Sahari, Jakarta. Temu Karya yang diselenggarakan dalam upaya mengembangkan motivasi dan menguatkan komitmen masyarakat dalam kegiatan pembangunan kehutanan khususnya penghijauan dan konservasi alam tersebut, mengambil tema "Sejahtera Masyarakatku, Lestari Hutanku, Hijau Negeriku".

     Peserta berjumlah 242 orang yang terdiri dari para pemenang terbaik Lomba Penghijauan dan Konservasi Alam yang berasal dari 33 Provinsi dan Perum Perhutani. Maksud diselenggarakannya sarasehan ini adalah sebagai media untuk mengembangkan motivasi dan komitmen masyarakat dalam kegiatan pembangunan kehutanan khususnya penghijauan dan konservasi alam. Tujuannya agar pemenang lomba penghijauan dan konservasi alam dapat terus meningkat peran sertanya dalam pembangunan kehutanan.

     Selama ini berbagai komponen masyarakat telah berperan aktif dalam pemberdayaan masyarakat untuk kegiatan rehabilitasi lahan dan konservasi alam. Kategori lomba Penghijauan dan Konservasi Alam untuk tahun 2010 ini bertambah satu menjadi menjadi 24 kategori, yaitu kategori Hutan Kota. Kategori yang merupakan binaan Pusbinluh kehutanan (10 kategori) meliputi : Penyuluh Kehutanan Lapangan (PKL), Kelompok Tani Hutan/Penghijauan (KTH/KTP), Kabupaten dan Kota Peduli Kehutanan, Kepala Desa/Lurah Peduli Kehutanan, Kecil Menanam Dewasa Memanen (KMDM), Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat (PKSM), Hutan Kota, Kontes Pohon (Mahoni, Suren, Gmelina dan Sengon), serta pemberian apresiasi kepada pelaku usaha. Kategori yang merupakan binaan Direktorat Pemanfaatan Jasa Lingkungan dan Wisata Alam (4 kategori), adalah : Kader Konservasi Alam (KKA) dan Kelompok Pecinta Alam (KPA), Polisi Kehutanan (Polhut), Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS). Kategori binaan Perum Perhutani (10 kategori) meliputi : KPH, Asper/KBKPH Perum Perhutani, Mantri/KRPH Perum Perum Perhutani, Mandor Tanam Perum Perhutani, KSS Binling dan PHBM/Asper Penyuluh Perhutani, Fasilitator PHBM Perum Perhutani, Lembaga Masyarakat Desa Hutan/LMDH, serta Polisi Kehutanan Mobil Perum Perhutani.

     Diharapkan dengan temu karya ini bisa menjadi ajang pertukaran informasi, pengalaman dan tertuangnya kesepakatan bersama dari masyarakat untuk berpartisipasi secara bertanggungjawab dalam merehabilitasi dan konservasi sumberdaya hutan guna mewujudkan cita-cita luhur "hutan lestari dan masyarakat sejahtera".

     Untuk keterangan lebih lanjut, silakan menghubungi Masyhud, Kepala Pusat Informasi Kehutanan, Kementerian Kehutanan


Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2010