Cirebon (ANTARA News) - Menteri Perhubungan Freddy Numberi bersama rombongan dari Dirjen Perhubungan, Kamis meninjau kondisi jalan di wilayah Timur Cirebon yang akan digunakan untuk jalur mudik pada musim Lebaran nanti.

Menteri Perhubungan tiba di stasiun Kejaksan Cirebon menggunakan Kereta Luar Biasa (KLB) sekitar pukul 16.30 WIB kemudian langsung meninjau kondisi jalan tol Palimanan-Kanci-Pejagan menggunakan bus.

Kemudian setelah berbuka puasa di pintu keluar tol Pejagan, Freddy bersama rombongan melanjutkan tinjauannya ke jalan raya Pantura Cirebon.

Dari hasil tinjauannya hari ini Fredy mengatakan sejumlah perbaikan jalan di Jalur Pantura diharapkan bisa segera selesai hingga dapat dilalui pemudik menjelang Lebaran nanti.

Fredy lebih banyak menyoroti tentang pembangunan jalan layang (flyover) di Pasar Gebang Kabupaten Cirebon yang diperkirakan akan sedikit menghambat arus mudik karena rencananya baru akan selesai tahun 2011 nanti.

"Kami melihat pembangunan flyover di Gebang yang masih dalam proses perbaikan. Kemungkinan pada saat pelaksanaan nanti akan terjadi perubahan arus tergantung kondisinya nanti supaya tidak terjadi penumpukkan arus di satu titik," kata Fredy.

Namun Fredy mengharapkan adanya koordinasi antara Polri dan instansi terkait untuk mengatur arus lalu lintas sehingga saat pelaksanaannya nanti bisa lancar.

"Diharapkan ada koordinasi antara instansi terkait agar bersama-sama mengantisipasi arus dan mengatur lalu lintas terutama di fly over ini sehingga arus mudik bisa lancar," katanya.

Mengenai kondisi jalan tol dijelaksan Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PU Djoko Murjanto, untuk jalan tol Palimanan-Kanci-Pejagan ditemukan beberapa titik sedang dalam perbaikan-perbaikan yang cukup mengganggu dan diharapkan dapat tuntas pada H-10 Lebaran.

"Di ruas Kanci-Pejagan beberapa kilometer sedang dalam perbaikan, joint-joint (sambungan. red) ada yg bermasalah dan diharapkan dapat diperbaiki hingga dapat aman dilalui sejak pada H-10 Lebaran," kata Djoko.

Sementara itu berdasarkan pantauan di Jalur Pantura, selain ada pembangunan flyover di depan Pasar Gebang saat ini masih terdapat tiga titik perbaikan jalan di sepanjang Jalur Pantura Cirebon yaitu di daerah Pangenan, Pangarengan dan Astanajapura. Dinas Binamarga Kabupaten Cirebon telah meminta pihak pemegang proyek perbaikan jalan tersebut agar dapat menyelesaikan pekerjaannya pada H-10 Lebaran.(*)
(ANT/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010