Singapura, 30 Agustus 2010 (ANTARA) - Templeton Emerging Markets Group hari ini mengeluarkan pujian atas tercapainya perjanjian kerangka aliansi strategis antara unit bisnis SPX Service Solutions dari SPX Corporation's (NYSE: SPW) dan Launch Tech Company Ltd. ("Perusahaan") dari Cina, yang merupakan salah satu pemain global dalam pasar aftermarket otomotif. SPX juga telah mengakuisisi posisi ekuitas minoritas dalam Launch Tech. Templeton Strategic Emerging Markets Fund II, LDC, memegang 16,67% saham-H (mewakili 7,55% total saham yang beredar) Launch Tech Company Ltd. (8196.HK).

     Dr. Mark Mobius, kepala eksekutif Templeton Emerging Markets Group, mengatakan: "Kami ingin mengucapkan selamat kepada Launch Tech atas keberhasilannya belum lama ini dalam membentuk aliansi strategis dengan SPX. Kerja sama strategis ini merupakan tonggak prestasi lain bagi Perusahaan, yang telah menegaskan kembali kemampuannya untuk bersaing di pasar internasional dan aftermarket otomotif, yang akan memberikan keuntungan kepada Perusahaan dalam jangka panjang. Pasar mobil Cina yang besar dan semakin tingginya penetrasi mobil di Cina juga memberikan dorongan besar bagi pemain aftermarket otomotif Cina seperti Launch Tech. Kami mengharapkan bahwa Perusahaan berada dalam posisi yang menguntungkan untuk mencapai pertumbuhan bisnis yang baik dalam tahun-tahun yang akan datang ini."

     Tim Pasar Berkembang Templeton yakin bahwa aliansi ini merupakan perkembangan yang sangat positif bagi investor seperti Templeton Strategic Emerging Markets Fund II, LDC dalam Launch Tech. Baik Launch Tech maupun SPX Service Solutions adalah pemain terdepan dalam pasar peralatan aftermarket otomotif dan aliansi ini akan memperkuat kedua perusahaan ini. Perusahaan-perusahaan ini akan dapat saling memasarkan produk masing-masing dan mendongkrak jaringan distribusi global mereka masing-masing.

     Penjualan mobil Cina naik hampir 50 persen dalam paruh pertama tahun 2010 dibandingkan periode yang sama tahun 2009, dengan jumlah total 9,02 juta unit terjual, menurut data dari Asosiasi Perusahaan Pembuat Mobil Cina. Sejumlah total 13,64 juta unit telah terjual di sepanjang tahun 2009. Dengan perkiraan penjualan mobil baru yang diperkirakan meningkat cepat di Cina yang akan mendorong naiknya permintaan akan kematangan industri servis kendaraan di Cina, SPX Service Solutions mengambil langkah-langkah untuk secara strategis memosisikan bisnisnya guna memberikan pelayanan terbaik kepada pasar dalam jangka panjang.

     Didirikan tahun 1992, Launch Tech Company Ltd. membuat dan memasarkan beraneka ragam peralatan aftermarket otomotif dan solusi servis untuk bengkel reparasi dan saat ini melayani 400 distributor di 60 negara. Pada tahun 2009, perusahaan melaporkan perolehan pendapatan sebesar US$68, dengan sekitar 50 persen penjualan dicapai di Cina, di mana perusahaan merupakan penyedia alat diagnostik aftermarket yang terdepan. Launch Tech Company Ltd, di samping posisinya di Eropa dan Amerika Utara, juga memiliki posisi yang terdepan di banyak kawasan berkembang penting di dunia.

     SPX Service Solutions, yang berkantor pusat di Warren, Michigan, dan memiliki kantor di seluruh dunia, merancang, membuat, dan memasarkan sederet merek global terpadu yang menyediakan alat servis khusus, peralatan diagnostik lanjut, dan peralatan bengkel serta informasi teknis untuk servis dan pemeliharaan kendaraan. Perusahaan ini merupakan bagian dari SPX Corporation (NYSE: SPW), sebuah perusahaan manufaktur terdepan multi-industri Fortune 500 yang menyediakan bagi pelanggannya solusi teknologi sangat-khusus untuk memecahkan persoalan bisnis kritis.

     Tentang Templeton Strategic Emerging Markets Fund II, LDC ("TSEMF II") dan Templeton Emerging Markets Group

    
TSEMF II, sebuah Perusahaan Berdurasi Terbatas (Limited Duration Company) yang didirikan di Cayman Islands, tersedia hanya bagi investor institusional dan berkualifikasi.

     TSEMF II tidak memperoleh wewenang dari Securities and Futures Commission di Hong Kong dan tidak tersedia bagi investor di Hong Kong selain "investor profesional" sebagaimana dimaksudkan dalam Ordinansi Securities and Futures (Cap 571) dan/atau setiap peraturan yang dibuat di bawahnya.

     TSEMF II dikelola oleh Templeton Asset Management Ltd ("TAML"), penasihat investasi berlisensi untuk Templeton Emerging Markets Group, yang dipimpin oleh Dr. Mark Mobius. Dr. Mobius, seorang perintis dalam investasi di pasar berkembang, telah mengantongi pengalaman selama 30 tahun dalam mengelola aset untuk investor ritel, institusional, dan profesional di seluruh dunia. Sebagai salah satu perusahaan yang terbesar di kelasnya, Templeton Emerging Markets Group mengelola lebih dari USD30 miliar ekuitas pasar berkembang dan terdiri atas 45 manajer portofolio dan analis, dari 24 bahasa dan dialek yang berbeda dan berlokasi di 16 kantor di seluruh dunia, per 30 Juni 2010.

     Franklin Resources, Inc. (NYSE: BEN), perusahaan induk teratas dari TAML, merupakan organisasi manajemen investasi global yang beroperasi sebagai Franklin Templeton Investments. Franklin Templeton Investments menyediakan solusi manajemen investasi global dan domestik yang dikelola oleh tim investasinya yaitu Franklin, Templeton, Mutual Series, Fiduciary Trust, Darby dan Bissett. Perusahaan yang berbasis di San Mateo, California ini memiliki lebih dari 60 tahun pengalaman investasi dan mengelola aset lebih dari USD602 miliar per tanggal 31 Juli 2010. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.franklintempleton.com.

     Kontak:
     Franklin Templeton Investments
     Bill Weeks
     New York
     +1 212 632 3204
     bweeks@frk.com
     Corporate Communications
     www.franklintempleton.com


Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2010