Patna India (ANTARA News) - Pemberontak Maois membunuh enam polisi dalam baku tembak di negara bagian Bihar, India timur, kata polisi pada Senin dalam rangkaian terbaru serangan pemberontak terhadap pasukan keamanan.

Lebih dari 150 Maois bertempur melawan polisi, yang sedang melakukan patroli di hutan sekitar 150km dari ibu kota negara bagian itu, Patna Ahad malam , kata perwira senior polisi PK Thakur kepada AFP.

Bihar adalah salah satu dari beberapa negara bagian di India timur dan tengah tempat kelompok-kelompok pemberontak Maois melancarkan serangan berdarah.

Pihak berwenang di New Delhi melancarkan satu serangan tahun lalu untuk melumpuhkan pemberontakan yang kian memburuk, tetapi sejak itu Maois melakukan aksi balasan berulang-ulang terhadap pasukan polisi dan paramiliter.

Pada hari Minggu lima polisi tewas akibat serangan Maois di negara bagian Chhattisgarh.

Pemberontak berperang selama puluhan tahun terhadap pemerintah negara bagian dan pusat, mendapat dukungan dari kelompok-kelompok suku dan para petani yang tidak memiliki tanah yang diabaikan oleh perluasan pembangunan ekonomi negara itu.

(H-RN/M043/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010