Padang (ANTARA) - Pemerintahan Provinsi Lower Saxony Jerman mengucurkan bantuan 10 ribu euro atau Rp170 juta untuk penanganan limbah Sungai Batang Arau Padang.

"Bantuan diberikan atas permintaan Pemerintah Kota Hildeshiem Jerman yang saat ini sedang bekerja sama dengan Kota Padang dalam program peningkatan manajemen pengelolaan limbah Sungai Batang Arau," kata Wali Kota Padang Hendri Septa di Padang, Selasa, usai menerima ahli hidrologi GIZ Jerman Mr Michell Rohmann selaku integrated expert program Waste Management of Batang Arau River.

Menurutnya prosesi penyerahan bantuan tersebut, secara resmi akan dilaksanakan pada 17 Juni 2021.

"Tujuannya agar dimanfaatkan untuk seluruh kegiatan operasional yang mendukung program peningkatan manajemen pengelolaan limbah Sungai Batang Arau," kata dia.

Baca juga: UNP gelar aksi bersih sungai di Batang Arau Padang

Baca juga: Bersihkan sungai, Kota Padang miliki kapal khusus pengumpul sampah


Diantaranya membantu pengadaan sarana prasarana penunjang, mendukung kegiatan sosialisasi program ke masyarakat, hingga pelaksanaan survei terkait pemahaman limbah cair rumah tangga bagi masyarakat mendukung peningkatan pengelolaan limbah Sungai Batang Arau.

Saat menerima kedatangan Michell Rohmann Hendri, menyampaikan terima kasih karena telah memberikan transfer ilmu dalam upaya peningkatan manajemen pengelolaan air limbah sungai di Kota Padang.

Wako berharap kehadiran Michell Rohmann bakal mendukung terwujudnya apa yang diharapkan dan diidamkan warga Padang selama ini yaitu hadirnya sungai yang bersih dengan kualitas air yang jernih.

Saat ini, kata Hendri, kualitas air Sungai Batang Arau masih dalam kategori kelas empat. Diharapkan melalui sentuhan Michell Rohmann nantinya bisa berubah menjadi kelas dua.

"Sehingga kawasan Sungai Batang Arau juga bisa dipercantik dan menjadikannya sebagai kawasan marina serta terdapat Maritim Center yang terintegrasi dalam program Kawasan Wisata Terpadu (KWT) nantinya," kata dia.

Pertemuan Michell Rohmann dengan Wali Kota Padang membahas hasil rapat yang diikuti Michell Rohmann pada dua pekan lalu bersama OPD dan pihak terkait lainnya di Pemko Padang.

Selain itu juga membahas kondisi Sungai Batang Arau terkini, kondisi sosial masyarakat setempat serta terkait perencanaan yang dimiliki oleh Kota Padang tentang pengelolaan limbah air Sungai Batang Arau.*

Baca juga: Kelola limbah Sungai Batang Arau, Padang libatkan tenaga ahli Jerman

Baca juga: Festival Selaju Sampan Badunsanak 2019 disambut antuasias warga

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021