Jakarta (ANTARA) -
Pemerintah Federasi Rusia menganugerahkan Bintang Persahabatan, "Order of Friendship", kepada Presiden RI Kelima yang juga Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.
 
Penghargaan dari Pemerintah Federasi Rusia tersebut dikeluarkan lewat sebuah dekrit yang ditandatangani oleh Presiden Vladimir Putin, yang dibacakan oleh Dubes Rusia untuk RI Lyudmila Vorobieva saat menyerahkan penghargaan kepada Megawati, di kediaman Megawati, Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, Rabu.
 
Lyudmila membacakan isi dekrit itu sesuai teks aslinya berbahasa Rusia. Isi terjemahannya ke bahasa Indonesia adalah sebagai berikut:
 
"DEKRIT
PRESIDEN FEDERASI RUSIA
 
Tentang Penghargaan Negara Federasi Rusia
 
Atas jasa-jasa besar dalam mempererat persahabatan, kerja sama dan saling pengertian antara rakyat Rusia dan Indonesia diberikan penghargaan
 
BINTANG PERSAHABATAN
 
SUKARNOPUTRI
Diah Permata Megawati Setiawati
Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan,
Warga Negara Republik Indonesia
 
 
Presiden Federasi Rusia
Vladimir Putin
 
Moskow, Kremlin
10 Februari 2020
No. 102."
 
Sekjen DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa Pemerintahan Rusia, yang dulu sebagai Uni Soviet, juga memiliki peran dalam perjuangan di awal kemerdekaan Indonesia.
 
"Negeri kita berumur masih sangat muda saat itu karena baru merdeka, dan menghadapi meja perundingan Linggarjati dan Renville," ujarnya.
 
Menurut Hasto, kedua perjanjian tersebut merugikan Indonesia. Dan pada titik itu, Uni Soviet hadir dan berperan membantu Indonesia.
 
"Ketika perjanjian Linggarjati dan Renville merugikan Indonesia, Uni Soviet melakukan tekanan di dunia internasional, membela Indonesia atas ketidakadilan yang terjadi," kata Hasto.

Baca juga: Megawati tak bisa menahan haru saat menerima Bintang Jasa dari Rusia
Baca juga: Soekarno, Megawati, dan penghargaan "Order of Friendship" dari Rusia
Baca juga: Megawati akan terima Bintang Jasa Negara dari Rusia

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2021