Jakarta (ANTARA News) - Hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) mengatakan, elektabilitas Partai Demokrat masih menduduki peringkat teratas disusul Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan dan Partai Golongan Karya (Golkar).

Direktur Eksekutif LSI, Kuskrido Ambardi di Kantor LSI, Jakarta, Kamis mengatakan saat acara jumpa wartawan, sebanyak 26,6 persen masyarakat akan memilih Partai Demokrat kemudian di posisi kedua PDI Perjuangan sebanyak 14,9 persen dan Golkar sebanyak 12,3 persen.

"Walaupun, terjadi penurunan trend suara partai di dalam Demokrat sebanyak lima persen sejak Februari 2010 hingga Agustus 2010," kata Kuskrido.

Ia juga mengatakan, trend suara PDI Perjuangan naik sebanyak enam persen sejak April hingga Agustus 2010 dan trend suara Golkar naik sebesar satu persen sejak April hingga Agustus 2010.

Sedangkan, lanjutnya, partai-partai lainnya seperti Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Gerindra, dan Hanura tidak mengalami fluktuasi yang tajam kecuali PKS selama enam bulan terakhir.

"Karena turunnya kinerja Partai Demokrat membuat suara beralih ke PDI Perjuangan," menurutnya.

Pembicara lainnya, Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat Haryono Isman mengungkapkan kegembiraannya karena ternyata tingkat elektabilitas Partai Demokrat masih berada di tempat yang tertinggi.

"Saya gembira karena ternyata suara Demokraat masih cukup tinggi, tapi saya juga terkejut karena dengan citra negatif yang ditampilkan Presiden akhir-akhir ini tidak menurunkan peringkat Demokrat," ungkapnya. (ANT-006/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010