Jakarta (ANTARA) - Di hampir penghujung tahun 2020 yang lalu, Vivo mengeluarkan produk baru dengan nama Vivo Y12s. Produk ini langsung masuk pada kelas entry level, sebab sebagaimana banyak diketahui sobat gadget, seri Y dari Vivo ini berharga miring.
 
Jika melihat harganya di website Blibli.com, Vivo Y12s dijual mulai dari Rp 1,5 juta, sudah jauh lebih murah dari harga di awal perilisannya yang dibanderol sekitar Rp1,8 jutaan.
 
Jika Anda sedang mengincar hp harga sejutaan, Vivo Y12s bisa jadi pilihan menarik. Yuk mengenal hp ini terlebih dahulu, baik kelebihan atau kekurangannya. Hal ini agar Anda semakin yakin untuk membelinya.
 
Kelebihan Vivo Y12s
 
1. Punya Layar yang Lebar
Sebelum hp ini benar-benar rilis, banyak yang menduga bahwa hp Vivo Y12s akan dibekali layar besar yang bakal memuaskan penggunanya dalam menonton video atau bermain game. Dan benar saja, ukuran layar hp ini mengalami peningkatan dari kakaknya Vivo Y12; dari 6,35 inci menjadi 6,51 di Vivo Y12s.
 
Namun walaupun ukurannya mengalami peningkatan, ketajaman layarnya tetap sama, dengan resolusi yang juga masih HD Plus atau setara dengan resolusi 720 x 1600 piksel. Adapun rasionya 20:9. Tak terlalu istimewa, namun membuat pengalaman menggunakan hp menjadi lebih luas karena layarnya yang lumayan lebar.
 
2. Baterainya Irit
Ya, Vivo Y12S dibekali dengan kapasitas baterai yang besar, sebesar 5.000 mAh. Dengan kapasitas baterai sebesar ini, dijamin deh, pemiliknya tak perlu mengecas sepanjang hari sebab sudah cukup bisa memfasilitasi berbagai kegiatan dalam sekali isi daya baterai sampai penuh saja.
Pihak Vivo mengklaim bahwa Vivo Y12s ini akan bisa membuat penggunanya bisa main game selama 8,9 jam. Adapun jika dipakai nonton streaming film HD, bisa tahan selama 16,3 jam. Lumayan memuaskan bukan dari sisi kapasitas baterainya?
 
3. Sudah Menggunakan Fitur Reverse Charging
Keunggulan baterai Vivo Y12S tak hanya ada pada kapasitasnya yang besar dan awet saja. Hp ini ternyata sudah dibekali fitur support pengisian daya terbalik atau yang dikenal reverse charging.
 
Jadinya hp ini bisa berperan sebagai powerbank untuk mengisi daya perangkat lain dengan menggunakan kabel OTG. Fitur ini biasanya ditemukan pada smartphone kelas high end hingga flagship. Jadi disematkan pada hp sejutaan tentu jadi salah satu fitur unggulan yang bisa jadi pertimbangan sebelum membelinya.
 
4. Menggunakan Teknologi Side-Mounted Fingerprint
Sensor biometrik Vivo Y12s sangatlah unik. Selain menggunakan yang standar, yakni Face Unlock, dia juga dilengkapi sensor sidik jari. Tempatnya ada di bagian samping bodinya, terletak pas di tombol Power. Sebuah tempat yang natural dalam penempatan sensor sidik jari. Karena bisa dilakukan bersamaan ketika hendak menyalakan hp.
 
5. Memiliki Desain Warna yang Trendi
Tempat sensor fingerprint yang letaknya ada pada tombol Power membuat desain bodi secara keseluruhan terlihat rapi. Sebab di bagian belakang tak ada kontur yang berbeda untuk tempat sensor sidik jari.
 
Hal tersebut juga dipermanis dengan warna Vivo Y12s itu sendiri, yaitu Glacier Blue dan juga Phantom Black. Gradasi warna berkilau biru muda laksana es ataupun hitam elegan sangatlah cantik.
 
Kekurangan Vivo Y12s
 
1. Tidak Support Fast Charging
Kekurangan pertama dari hp ini adalah belum ada fitur fast charging yang disematkan padahal kapasitas baterainya tergolong jumbo.

Hal ini membuat Anda memerlukan waktu yang cukup lama untuk mengisi penuh baterai 5.000 mAh di hp ini. Tapi jika melihat harga jualnya, untuk ukuran hp harga satu jutaan fitur ini memang wajar.
 
2. Masih Menggunakan Teknologi MicroUSB
Hp ini juga masih menggunakan slot microUSB untuk charging maupun transfer file. Padahal kebanyakan hp jaman now sudah beralih pada port dari jenis USB tipe-C. Selain microUSB ini sedikit menyulitkan karena lubangnya yang tidak simetris, tipe slot ini juga punya kecepatan transfer data yang lebih lama.
 
3. RAM dan Memori Penyimpanan yang Kecil
Di tengah banjirnya berbagai macam aplikasi untuk hp Android, dan di tengah banyaknya hp yang menawarkan kapasitas penyimpanan yang besar, Vivo Y12s malah menawarkan spesifikasi yang terkesan seadanya.
 
Hp ini hanya menawarkan varian yang kapasitas penyimpanan internal 32 GB dengan RAM 3 GB dan 4 GB saja. Dan RAM-nya pun juga masih memakai tipe LPDDR3 Single Channel yang frekuensinya 933 MHz. Standar eMMC 5,1 juga tidak memuaskan untuk kecepatan mentransfer data.
 
4. Menggunakan Teknologi Rear Dual Camera
Kamera sudah jadi syarat utama di dalam memilih hp. Nah Vivo Y12S ternyata malah menawarkan kamera dengan dua lensa belakang yang berkonfigurasi 13 MP (wide) serta 2 MP (kedalaman). Ada pun kamera selfienya menggunakan resolusi 8 MP.
 
Sudah lumayan sih, tapi absennya kamera pendamping lain yang banyak digunakan hp lain, seperti misalnya lensa ultra wide dan juga lensa makro membuat banyak pecinta hp jadi banyak memilih hp lain yang lebih unggul, padahal harganya hampir sama.
 
5. Chipsetnya Kurang Bertenaga
Hp zaman sekarang banyak dinilai dari kemampuannya bermain game. Nah lagi-lagi, Vivo Y12s kurang bisa diandalkan untuk urusan chipsetnya. Hal ini karena hp ini menggunakan MediaTek Helio P35 yang 8 inti, yang terdiri atas 4 buah ARM Cortex A53 dengan frekuensi 2,35 GHz, dan 4 ARM Cortex A53 yang punya clock speed berfrekuensi 1,8 GHz.
 
Itu tadi informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Vivo Y12s. Bagaimana, Anda masih mengincarnya? Jika memang sudah yakin, Anda bisa membelinya dengan mudah lewat website Blibli.com. Pastikan pilihan hp ini sudah sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda ya.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2021