Batang (ANTARA News) - Iring-iringan mobil pribadi dan sepeda motor pemudik Lebaran 2010, Kamis, sejak pukul 09.30 hingga 12.00 WIB masih memadati jalan di sepanjang jalur pantai utara Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Arus lalu lintas sejak Jalan Jenderal Sudirman hingga memasuki jalur pantura Plelen, Gringsing, Kabupaten Batang cukup padat tetapi kendaraan pemudik melaju lancar.

Laju kendaraan mereka mulai tampak tersendat saat melewati perempatan Alun-Alun Batang hingga memasuki pasar induk setempat.

Kendaraan mereka lancar lagi setelah melewati pertigaan jalan di depan Kantor Samsat Batang.

Peningkatan arus mudik di jalur Batang juga mengakibatkan sejumlah stasiun pengisian bahan bakar minyak (SPBU) seperti di Jalan Sudirman kehabisan persediaan.

Pemudik yang terlanjur masuk ke lokasi SPBU tampak kecele sehingga sebagian di antara mereka melanjutkan perjalanan kembali dan lainnya beristirahat.

Dirhamsyah, seorang pemudik mengatakan, semula dirinya akan mengisi bahan bakar di SPBU itu tetapi persediaan bensin sudah habis.

"Karena sudah terlanjur berhenti di SPBU ini, kami pun akhirnya memilih untuk beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanannya ke Boyolali," katanya.

Menurut dia, sepanjang perjalanan dari Jakarta hingga Kabupaten Batang, kemacetan arus lalu lintas terjadi di sejumlah daerah seperti Cikampek dan Cirebon.

"Namun, setelah keluar dari Cisanggarung, Brebes hingga Batang, arus lalu lintas relatif lancar," katanya.

Kepala Kepolisian Resor Batang, Moh. Nasikhin, mengimbau, para pemudik tidak memaksakan diri melajukan sepeda motor atau mobilnya jika kondisi tubuhnya mulai lelah.

"Beristirahat akan lebih baik daripada nekat melanjutkan perjalanannya tetapi dalam kondisi tubuh tidak sehat. Kami imbau pemudik bisa beristirahat di sejumlah `rest area` di jalur pantura Batang," katanya.

(KR-KTD/M029/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010