Makassar (ANTARA News) - Memasuki H+1 Idul Fitri 1431 Hijriah, Minggu, sampah menumpuk pada beberapa ruas jalan di Makassar, Sulawesi Selatan.

Pemantauan di Jalan Bandang Makassar, Minggu, sampah mulai menumpuk pada beberapa tempat serta mengeluarkan bau tidak sedap dan lalat beterbangan di lokasi tersebut.

Sampah yang menumpuk tersebut didominasi sisa-sisa makanan khas Lebaran, seperti ketupat, serta makanan khas masyarakat Sulsel, gogos dan buras, yang pembungkusnya terbuat dari daun pisang.

Sampah juga menumpuk di Jalan Yos Sudarso, Jalan K.H. Agus Salim atau tepatnya di sebelah timur Pasar Sentral Makassar.

"Sampah yang menumpuk dapat mengganggu kesehatan karena sudah mengeluarkan bau busuk serta banyak lalat beterbangan," ujar Dewi, seorang warga yang melewati jalan tersebut.

Ia mengkhawatirkan kalau terus dibiarkan menumpuk dapat menimbulkan penyakit di tengah-tengah masyarakat.

Karena itu, Pemerintah Kota Makassar harusnya memikirkan hal tersebut supaya tidak berdampak pada orang lain, juga memperindah tatanan kota menjadi lebih bersih.

"Semoga saja Dinas Kebersihan dan Keindahan Kota Makassar bisa bertindak cepat supaya kesan jorok dan kumuh bisa hilang, dan menjadikan Makassar kota yang bersih kembali," harapnya. (ANT-102/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010