Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Kamis pagi, di Kantor Presiden Jakarta, dijadwalkan menerima dua calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Bambang Widjojanto dan Busyro Muqoddas.

Dalam pertemuan yang dimulai sekitar pukul 11.00 WIB itu, Kepala Negara akan didampingi oleh Menko Polhukam Djoko Suyanto, Mensesneg Sudi Silalahi dan Seskab Dipo Alam.

Pada Rabu (31/8), Presiden Yudhoyono resmi mengajukan dua calon pimpinan KPK, yaitu Bambang Widjojanto dan Busyro Muqoddas, ke DPR RI.

Presiden menegaskan, proses pemilihan keduanya berjalan tanpa intervensi dari dirinya.

Yudhoyono menyebut anggota Panitia Seleksi Calon Pengganti Pimpinan KPK merupakan tokoh-tokoh yang memiliki integritas, kapasitas, dan kredibilitas yang tinggi.

Presiden mengaku percaya kedua calon tersebut adalah yang terbaik yang telah ditetapkan Pansel KPK.

Presiden berharap DPR dapat memilih calon secara tepat. Dengan demikian, calon terpilih dapat segera menjalankan tugas-tugasnya di KPK setelah dilantik nanti.

Bambang Widjojanto adalah mantan Ketua Dewan Pengurus YLBHI. Dia menjadi pengacara pimpinan KPK Bibit dan Chandra saat menghadapi kasus dugaan pemerasan yang kemudian dihentikan oleh Kejaksaan Agung.

Sedangkan M Busyro Muqoddas ialah Ketua Komisi Yudisial, dan tercatat sebagai penasihat PP Muhammadiyah.
(G003/A011)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010