Karawang (ANTARA News) - Petugas melakukan sistem buka-tutup di simpang Jomin, Kota Baru, Kabupaten Karawang, menyusul terjadinya kepadatan kendaraan pada H+6 Hari Idul Fitri 1431 Hijriyah atau Jumat pagi.

Buka tutup dilakukan dengan mengalihkan kendaraan dari jalur Pantura tujuan Jakarta ke gerbang Tol Kalihurip, Dawuan, Karawang, dan menutup sementara jalan menuju gerbang Tol Cikampek, Cikopo, Purwakarta, yang melewati jalan by pass Jomin.

Pantauan ANTARA, kepadatan kendaraan yang terjadi pada Jumat pagi atau H+6 Hari Idul Fitri 1431 Hijriyah terjadi dari jalur Pantura Karawang, Sasak Gambreng-simpang Jomin-pertigaan Mutiara.

Di sepanjang jalan raya itu kondisi lalu lintas padat merayap, kecepatan kendaraan dari jalur Pantura menuju simpang Jomin mencapai sekitar 5-10 kilometer/jam.

Selepas pertigaan Mutiara, arus lalu lintas masih nampak padat. Tetapi, beberapa ratus meter menjelang gerbang Tol Cikampek, Cikopo, Kabupaten Purwakarta, arus lalu lintas lancar.

Dengan demikian, tidak terlihat adanya antrian pada pintu masuk dari perempatan Cikopo hingga ke gerbang Tol Cikampek. Pada Jumat pagi, arus lalu lintas di gerbang Tol Cikampek dari arah jalur Pantura maupun sebaliknya lancar.

Sementara itu, dengan adanya pengalihan arus lalu lintas di simpang Jomin tersebut menuju gerbang Tol Dawuan, maka arus lalu lintas di sepanjang jalan Jenderal Sudirman hingga jalan Jenderal Ahmad Yani menuju gerbang Tol Dawuan ramai lancar.

Petugas juga melakukan pengalihan arus di pertigaan Mutiara, yakni menutup jalur menuju simpang Jomin melewati jalan by pass Jomin, dan mengalihkannya ke pasar Cikampek.

Akibatnya, terjadi kepadatan pula pada jalur menuju jalur Pantura itu, di sekitar pasar Cikampek.

Pengalihan arus di berbagai titik itu dilakukan untuk mengurai kepadatan kendaraan selepas simpang Jomin-pertigaan Mutiara-perempatan Cikopo, depan gerbang Tol Cikampek.

Kepadatan kendaraan di sekitar simpang Jomin itu sendiri sudah terjadi sejak Kamis (16/9) tengah malam hingga Jumat dinihari.

Arus lalu lintas dari arah simpang Jomin menuju gerbang Tol Cikampek, Cikopo, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, padat merayap pada Kamis tengah malam itu. (MAK/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010