Copa America

Kolombia menang tipis 1-0 atas Ekuador

Kolombia menang tipis 1-0 atas Ekuador

Selebrasi Edwin Cardona (10) setelah cetak gol ke gawang Ekuador dalam pertandingan Copa America 2021 di Pantanal Arena, Cuiaba, Brasil pada 14 Juni 2021. ANTARA/AFP/Silvio Avila.

Jakarta (ANTARA) - Kolombia memulai ajang Copa America 2021 mereka dengan kemenangan 1-0 atas Ekuador di Pantanal Arena, Cuiaba, Brazil pada Senin pagi WIB, demikian catatan laman resmi FIFA.

Gol Kolombia diciptakan oleh Edwin Cardona pada menit ke-41.

Pertandingan tersebut berjalan cukup seimbang dengan Kolombia menciptakan lima peluang, dua diantaranya tepat sasaran. Sedangkan Ekuador mencatatkan delapan percobaan dengan dua on target.

Peluang pertama di laga tersebut berasal dari Ekuador pada menit ke-4. Tendangan Michael Estrada dari luar kotak penalti masih terlalu jauh dari gawang Kolombia.

Kolombia baru bisa memberikan ancaman berarti pada menit ke-38. Bermula dari tendangan bebas Edwin Cardona, bola disundul Yerry Mina di dalam kotak penalti, namun sayangnya masih belum menemui sasaran.

Baca juga: Enam pemain yang bakal jadi perhatian Copa America 
Baca juga: Copa America diguncang corona di kubu Venezuela jelang malam pembukaan 


Empat menit berselang, Kolombia membuka skor melalui sepakan tendangan Edwin Cardona. Bermula dari tendangan bebas Juan Cuadrado di luar kotak penalti, bola disundul Miguel Borja sebelum diceploskan Cardona. Skor menjadi 1-0 hingga babak pertama usai.

Ekuador bermain lebih baik dari babak kedua, tetapi mereka baru bisa mencatatkan peluang pada menit ke-52. Sepakan jarak jauh Fidel Martinez dari sudut sempit masih bisa diselamatkan kiper David Ospina.

Kolombia membalas dua menit kemudian melalui tendangan Miguel Borja dari jarak jauh. Namun, bola masih terlalu tinggi dari gawang Venezuela kawalan Pedro Ortiz.

Ekuador terus mencoba mengejar ketertinggalan. Mereka mampu menciptakan tiga peluang dalam kurun waktu lima menit, dari 71 sampai 75. Namun, ketiganya masih belum membuahkan hasil.

Hingga laga bubar, tak ada gol balasan dicetak Ekuador. Kemenangan 1-0 menjadi milik Kolombia. Hasil ini membuat Kolombia menempel Brasil, yang unggul selisih gol, dengan raihan tiga poin di Grup B.

Brazil berhasil menang 3-0 atas Venezuela pada laga pembukaan Copa America 2021. 

Baca juga: Brazil menang 3-0 atas Venezuela di laga pembukaan Copa America 2021 
Baca juga: 12 anggota timnas Venezuela COVID-19 sehari jelang Copa America dibuka 
Baca juga: Alexis Sanchez tidak akan perkuat Chile di fase grup Copa America 2021 

 

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Rr. Cornea Khairany
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar