Liwa, Lampung Barat (ANTARA News) - Wisatawan asing memburu ikan blue merlin yang berada di perariran Pesisir Lampung Barat.

"Memacing ikan blue merlin sangat menyenangkan, selain itu memburu ikan jenis blue merlin banyak tantangan yang didapat," kata salah satu turis yang berasal dari Negeri Belanda, Briant Jonshon (37) di Krui, Sabtu.

Dia menjelaskan, memancing di perairan pesisir menyenangkan.

"Periran pesisir sangat indah, tetapi akan indah lagi saat berada di tengah perairan tersebut, apalagi dengan memancing semua akan teras lengkap," kata dia lagi.

Menurut dia, memancing ikan blue merlin membutuhkan keahlian khusus.

"Ikan ini tergolong besar, sehingga saat mata pancing telah di sambar ikan, maka pemacing harus memiliki tehnik khusus agar ikan tersebut tidak membahayakan, selain itu ikan blue merlin memiliki tombak tepat di mulutnya, saat ikan ini tertangkap harus dalam keadaan mati, sehingga potensi terjadinya insiden dapat terhindarkan," kata dia lagi.

Kemudian lanjut dia, potensi ikan blue merlin berlimpah di perairan Pesisir Lampung Barat.

"Potensi ikan blue merlin di Pesisir Lampung Barat sangat berlimpah, sehingga mendapatkan ikan jenis ini tidak begitu sulit," kata turis itu.

Lalu lanjut dia, memancing lebih menyenangkan di banding surfing.

"Saat mengujungi Lampung Barat, saya lebih memilih memancing dari pada melakukan surfing, pasalnya kegiatan memancing akan dapat memberikan sensasi menyenangkan, selain itu bila berhasil mendapatkan ikan, pemancing bisa langsung menikmatinya," katanya.

Perairan Pesisir Lampung Barat kaya akan potensi perikanan, yang mana di dalamnya terdapat potensi perikanan yang besar, dan salah satunya adalah ikan blue merlin.

Populasi ikan blu merlin banyak di dapati di perairan yang berad dekat di Pulau Pisang, sehingga sebagian besar nelayan saat memburu ikan ini pasti berada dekat pulau tersebut.

Keindahan potensi pariwisata bahari Pesisir Lampung Barat, membuat kunjungan wisatawan mancanegara semakin meningkat setiap tahunnya, ombak besar yang yang ada di daerah ini, dijadikan sebagai tujuan wisata bagi turis asing untuk melakukan surfing.

Tidak hanya surfing, turis asing yang berada di Pesisir Lampung Barat, gemar melakukan kegiatan memancing, apalagi melakukan pemancing untuk jenis ikan blue merlin.

Sebagian besar turis tersebut telah menyiapkan peralatan memancing, wisatawan tersebut tidak kesulitan untuk mencari perahu, pasalnya di dekat pantai banyak nelayan yang menyewakan perahu sekaligus pengemudi kapal, dan harga sewa kapal tersebut relatif terjangkau.

Sementara itu Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Lampung Barat, Nata Djudin Amran mengatakan, potensi perikanan Lampung Barat berlimpah.

"Potensi perikanan di Kabupaten Lampung Barat sangat berlimpah, apalagi untuk jenis ikan blue merlin," kata dia.

Dia menjelaskan, memancing ikan blue merlin menjadi wisata yang unik dan menantang.

"Memburu ikan jenis blue merlin cukup menantang, sehingga jenis kegiatan laut ini sangat di gemari wisatawan, sebab wisata memancing menyuguhkan sensasi alam yang berbeda selain itu mengahasilkan," kata dia.

Dia menambahkan, wisata bahari menjadi daya tarik bagi Kabupaten Lampung Barat.

"Potensi wisata bahari di Pesisir Lampung Barat menjadi daya tarik bagi daerah ini untuk memikat investor untuk bermitra dengan pemerintah, selain itu berharap agar pemerintah pusat dalam mempromosikan potensi kelautan Lampung Barat, sehingga daerah ini dapat dikenal Nasional dan Internasional," katanya. (ANT-049/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010