London (ANTARA News) - Pasukan Inggris menyerahkan tanggung jawab satu dari distrik-distrik paling berdarah di Afghanistan selatan kepada tentara Amerika Serikat, kata kementerian pertahanan Inggris, Senin.

Sangin , di provinsi Helmand, Afghanistan selatan, tempat hampir sepertiga tentara Inggris tewas dalam perang hampir sembilan tahun. Sekitar 1.000 tentra Inggris di Sangin akan dipindahkan ke Helmand tengah.

"Penyerahan Sangin oleh pasukan Inggris itu merupakan pemikiran militer dan mencerminkan peningkatan pasukan (internasional) dan Afghanistan di seluruh Helmand pada tahun lalu," kata Menteri Pertahanan Liam Fox dalam sebuah pernyataan.

Sekitar 337 tentara Inggris tewas di Afghanistan, kata laman internet www.icasualties.org. Kini ada 9.500 tentara Inggris di Afghanistan.

Penyerahan itu diumumkan awal tahun ini, dan kementerian pertahanan mengatakan tindakan itu adalah satu usaha untuk mengimbangi kembali pasukan asing di Afghanistan lebih setara dengan penduduk lokal sementara lebih banyak pasukan AS digelarkan.

Dalam bulan-bulan belakangan ini merupakan korban tewas terbanyak di kalangan sekitar 150.000 tentara asing yang dipimpin NATO, dan pasukan yang dipimpin AS di negara itu. Pasukan itu untuk memerangi pemberontakan yang dipimpin gerilyawan Taliban dan Al Qaida dan tekanan ditingkatkan terhadap tentara asing itu untuk meninggalkan Afghanistan.
(H-RN/H-AK)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010