Tangerang (ANTARA News) - Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Tangerang Selatan, Banten, terpaksa mengungsikan sekitar 120 keluarga di Kelurahan Kedaung, Kecamatan Pamulang, ke rumah sanak saudara mereka karena banjir.

"Kami mengungsikan 120 kepala keluarga Kelurahan Kedaung ke rumah sanak keluarganya yang lebih aman," kata Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Tangerang Selatan Zainal Aminin di Tangerang, Sabtu.

Zainal mengatakan, pemindahan warga tersebut dilakukan karena luapan air Situ Sasak Pamulang memasuki rumah warga sehingga perlu dilakukan antisipasi untuk mencegah banjir. Apalagi, sebagian rumah warga hanya berjarak beberapa meter dengan lokasi meluapnya air Situ Sasak Pamulang.

"Sangat berbahaya bila tidak diungsikan karena air masuk ke rumah warga," kata Zainal di lokasi meluapnya air Situ Sasak Pamulang.

Zainal juga mengungkapkan, warga yang diungsikan akan mendapatkan bantuan sembako dan makanan siap saji dari pemerintah.

Selain itu, warga juga dapat meminta bantuan Dinas Sosial untuk membawa barang berharga dari rumahnya.

"Semua kebutuhan warga seperti makanan dan angkutan barang berharga kami layani secara cuma - cuma," katanya.

Sebelumnya, penjabat Wali Kota Tangerang Selatan Eutik Suarta menuturkan, sebanyak 25 kepala keluarga dari Kelurahan Bambu Apus telah diungsikan.

Air di situ Sasak Pamulang Tangerang Selatan meluap ke jalan sekitar pukul 01.00 WIB. Sebanyak 25 kepala keluarga yang rumahnya berdekatan diungsikan sementara. Sedangkan jalan menuju Pamulang - Ciputat ditutup.

(ANT-154/N002/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010