RI usulkan peningkatan kerja sama ketenagakerjaan dengan Singapura

RI usulkan peningkatan kerja sama ketenagakerjaan dengan Singapura

Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi (tengah) bersama Menaker Singapura H.E. Dr. Tan See Leng (kedua kiri) dalam pertemuan di Catania, Italia, Selasa (22/6/2021). ANTARA/HO-Kementerian Ketenagakerjaan.

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mengusulkan adanya peningkatan kerja sama bilateral dalam bidang ketenagakerjaan dengan Singapura seperti pengembangan digitalisasi teknologi bagi kaum muda.

"Dengan adanya beberapa poin usulan perluasan kerja sama ini diharapkan ke depannya memberikan pengaruh positif bagi kemajuan ekosistem teknologi digitalisasi di Indonesia," jelas Sekjen Kemnaker Anwar dalam pernyataan resmi yang diterima di Jakarta,  Rabu.

Baca juga: Kemenaker terapkan aturan 75 persen WFH bagi pegawai di zona merah

Sekjen Anwar Sanusi menyampaikan beberapa contoh peningkatan kerja sama itu seperti permintaan bantuan tenaga ahli Singapura untuk pengembangan Innovation Center dan Talent Hub Kemnaker guna transfer pengetahuan dan inovasi terkait digitalisasi teknologi bagi kaum muda serta pengembangan ekosistem digital di Indonesia.

Anwar juga dalam pertemuan bilateral dengan Menteri Ketenagakerjaan Singapura H.E. Dr. Tan See Leng membahas tentang kemajuan kerja sama antara Indonesia dan Singapura terkait pengembangan Sumber Daya Manusia di bidang teknologi (tech of talent/ToT).

Baca juga: Kemenaker lakukan 9 lompatan besar untuk pembangunan ketenagakerjaan

Adapun ruang lingkup kerja sama yang diharapkan antara lain penempatan tenaga ahli dari Singapura, pengembangan virtual reality, ToT bagi instruktur BLK, tech training untuk mendukung implementasi "Making Indonesia 4.0" dan peningkatan kapasitas teknologi pada critical occupation list (COL).

"Kemnaker telah menyampaikan konsep proposal tersebut kepada pihak Singapura melalui Kemenko Perekonomian guna mendapatkan feed-back dari Singapura. Saat ini, pihak Singapura sedang mencermati potensi kerja sama yang dapat dijalin dan melakukan identifikasi terkait instansi yang relevan di Singapura," jelasnya.

Baca juga: Kemenaker ajak generasi muda Majene magang di Jepang

Dalam kesempatan itu, Indonesia menyampaikan juga permohonan dukungan kepada Pemerintah Singapura untuk kesuksesan Keketuaan Indonesia pada ASEAN Labour Ministerial Meeting (2020-2022) dan kesuksesan Presidensi Indonesia pada G20 tahun 2022.

Selain itu, Pemerintah Indonesia juga meminta dukungan kepada Pemerintah Singapura untuk turut membantu pelindungan dan penanganan penyebaran pandemi COVID-19 dan promosi pentingnya vaksinasi bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) dan keluarga yang ada di Singapura.



 

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Menaker: Pengangguran akibat pandemi berkurang lebih dari 1 juta

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar