Palembang (ANTARA News) - Desain masjid Sriwijaya Palembang akan dipamerkan di hotel Swarna Dwipa pada 1-7 Sepetember 2010.

Kepala Dinas Pelerjaan Umum (PU) Cipta Karya Sumsel, Rizal Abdullah, melalui Kepala Bidang Perkotaan Bambang Hermanto di Palembang, Rabu mengatakan, dilaksanakannya pameran itu untuk memperkenalkan kepada seluruh lapisan masyarakat tentang desain yang akan dipilih untuk masjid raya nanti.

Desain itu nantinya akan dinilai tim juri yang terdiri dari utusan Majelis Ulama Indonesia, Ikatan Arsitek Indonesia dan masyarakat, ujar dia pula.

Dikatakannya, desain itu nantinya akan diambil enam terbaik tebih dahulu setelah itu baru dilaksanakan seleksi terakhir untuk dipilih yang terbaik.

Sementara aspek yang akan dinilai sendiri antara lain akan dilihat dari filosofi agama, fisik bangunan dan penataannya sendiri, ujar dia.

Mengenai peserta yang ikut pendesainan Masjid Sriwijaya itu hingga sekarang sudah masuk 18 buah dari berbagai lapisan masyarakat termasuk dari luar negeri, kata dia.

Setelah ditentukan pemenang selanjutnya akan dilaksanakan pembangunan masjid raya tersebut, ujar dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, memang sekarang ini pembangunan Masjid Sriwijaya itu masih dalam proses dan sesuai penentuan pemenang desian maka pelaksanaan pembangunan dimulai.

Masjid Sriwijaya itu nantinya menggunakan dana pihak ketiga termasuk donator yang ada di daerah ini, ujarnya.
(T.U005/E001/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010