Jakarta (ANTARA) - Austria sempat mengejutkan Italia ketika sundulan Marco Arnautovic menjebol gawang Gianluigi Donnarumma namun gol dalam pertandingan 16 Besar Euro 2020 itu dianulir karena offside dan laga yang masih imbang tanpa gol itu harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Itu adalah satu-satunya kesempatan bola masuk gawang yang tercipta dalam pertandingan 16 besar antara Italia dan Austria di Stadion Wembley, London, Minggu dini hari WIB, namun sayang kemudian dinyatakan tidak sah karena offside.

Pertandingan berlangsung dalam tempo yang sedang dengan inisiatif menyerang dipegang Italia, tapi Austria juga beberapa kali melancarkan tusukan ke daerah pertahanan Azzurri.

Baca juga: Susunan pemain Italia vs Austria: Verratti starter
Baca juga: Menang besar 4-0, Denmark ke perempatfinal Euro 2020


Dua peluang bagus lainnya terjadi pada menit ke-17 babak pertama ketika tendangan Nicolo Barella yang dirancang dari sayap kiri oleh Leonardo Spinazzola berhasil diselamatkan oleh kiper Austria Daniel Bachmann.

Peluang bagus lainnya tercipta juga pada babak pertama ketika pada menit ke-32 tendangan Ciro Immobile yang sudah tak bisa dihadang Bachman malah membentur tiang gawang.

Pada menit ke-65, Arnautovic menyundul bola masuk ke gawang Italia setelah menyambut umpan David Alaba dari sebelah kanannya yang meneruskan umpan menyilang dari tengah lapangan. Gol ini kemudian dianulir wasti karena Arnautovic dinyatakan offside sebelum gol terjadi.

Donnarumma pun selamat dari kebobolan yang bisa menjadi berita kalau sampai terjadi setelah 11 laga tanpa kebobolan.

Sampai 90 menit waktu normal selesai, kedua tim tak bisa mencetak gol, padahal 18 upaya gol dilepaskan Italia. Sayang hanya dua yang menemui sasaran, sedangkan sembilan lainnya melewati target.

Sedangkan Austria melepaskan sembilan upaya yang satu di antaranya tepat sasaran.  Pertandingan dilanjutkan dengan babak perpanjangan waktu 2x15 menit.

Baca juga: Dolberg yang mempesona akhiri riwayat Wales di kandang lama
Baca juga: Mancini ingin Italia sajikan penampilan yang pantas untuk Wembley
Baca juga: Spanyol cukur Slovakia 5-0 menuju babak 16 besar


 

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2021