Jakarta (ANTARA) - Dennis Foggia meraih kemenangan keduanya musim ini untuk tim Leopard Racing di kelas Moto3 setelah menahan gempuran para rival demi menjuarai Grand Prix Belanda di Sirkuit Assen, Minggu.

Pebalap Italia itu mengawali balapan seri kesembilan dari baris terdepan di P3, mengambil alih pimpinan lomba hingga lap terakhir dan finis di depan Sergio Garcia (GASGAS Aspar) dan Romano Fenati (Sterilgarda Max Racing Team), yang harus menjalani penalti long lap ganda.

Pemuncak klasemen sementara Pedro Acosta melewatkan sesi Q2 menyusul kecelakaan di FP3 yang menyebabkan trauma di bagian dada. Namun, setelah sempat dilarikan ke rumah sakit untuk cek medis, pebalap Spanyol itu dinyatakan fit untuk mengikuti balapan pada Minggu.

Baca juga: Dominan di Assen, Vinales rebut pole position Grand Prix Belanda

Start dari P18, rookie sensasional tim Red Bull KTM Ajo itu mampu mengejar para pebalap terdepan dan memperbaiki posisinya hingga finis P4 setelah Tatsuki Suzuki dari tim SIC58 dan duet tim Petronas Sprinta Racing John Mcphee dan Darryn Binder.

Sementara itu, Jeremy Alcoba gagal mengonversi pole position pertama dalam kariernya menjadi podium setelah sang pebalap tim Indonesian Racing Gresini itu hanya mampu finis P10.

Rekan satu timnya, Gabriel Rodrigo justru finis lebih baik dua peringkat di atasnya.

Baca juga: Marquez menantikan jeda musim panas ketimbang balapan hari ini

Foggia kini naik ke peringkat tiga klasemen dengan koleksi 86 poin, sedangkan Acosta masih kokoh di puncak dengan 158 poin dan Sergio Garcia di tempat kedua dengan 110 poin, demikian laman resmi MotoGP.

"Ini hasil yang baik. Saya bisa berlibur dengan tenang karenanya," kata Foggia.

Sirkuit Assen mengakhiri paruh pertama gelaran MotoGP yang akan mengambil jeda musim panas sebelum dilanjutkan kembali dengan dua balapan beruntun di Austria pada awal Agustus nanti.

Baca juga: Alcoba raih pole untuk Indonesian Racing di Assen
Baca juga: Vinales tercepat di FP1 Grand Prix Belanda

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021