Surabaya (ANTARA News) - KA Komunitas dirangkaikan dengan tiga rangkaian KA Kertajaya Lebaran dari Stasiun Pasar Turi, Surabaya, ke Stasiun Pasar Senen, Jakarta, untuk mengatasi lonjakan jumlah penumpang arus balik.

"KA Komunitas kami lebur ke tiga rangkaian KA Kertajaya Lebaran mulai hari ini," kata Kepala Stasiun Pasar Turi, Djaenuri, di Surabaya, Senin.

KA Komunitas yang terdiri atas tujuh gerbong barang dan tiga gerbong penumpang itu dipisah-pisah untuk dirangkaikan dengan KA Kertajaya Lebaran sehingga kereta ini menjadi tiga rangkaian.

KA Kertajaya Lebaran pertama berangkat dari Pasar Turi pukul 11.00 WIB, kedua pukul 13.00 WIB.

Sementara KA Kertajaya yang berangkat dari Pasar Turi pada pukul 15.30 WIB merupakan kereta api reguler yang selama ini dioperasikan PT Kereta Api Daerah Operasi (Daops) VIII/Surabaya untuk melayani penumpang rute Surabaya Pasar Turi-Jakarta Pasar Senen.

KA Komunitas merupakan rangkaian kereta api yang dapat mengangkut para penumpang berikut sepeda motornya. KA Komunitas membidik penumpang keluarga menengah ke bawah yang terdiri atas ayah, ibu, dan dua orang anak, serta satu unit sepeda motor.

Setiap orang dikenakan tarif Rp47.000 dan Rp200 ribu untuk setiap sepeda motor.

Penetapan tarif ini dikeluhkan penumpang sehingga Komisi D DPRD Jatim meminta PTKA menurunkan tarif KA Komunitas.

"Kalau bisa tarif sepeda motor jangan Rp200.000,00, tapi Rp100.000,00. Dioperasikannya KA Komunitas itu untuk mengurangi kepadatan jalan raya oleh pemudik yang menggunakan sepeda motor, maka tarifnya harus benar-benar terjangkau," kata Ketua Komisi D DPRD Jatim, Bambang Suharianto.(*)

M038/I007

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010