Jakarta (ANTARA) - Rangkaian delapan pertandingan babak 16 besar Euro 2020 akhirnya rampung dimainkan pada Rabu dini hari WIB, ditutup sebuah kemenangan dramatis dari Ukraina atas Swedia di Glasgow.

Keberhasilan Swiss menjungkalkan tim juara dunia Prancis dan Republik Ceko menahbiskan status sebagai tim pembawa sial bagi Belanda tentu menjadi dua sorotan utama dalam rangkaian 16 besar Euro 2020.

Namun, terapi kejut yang dirasakan Italia saat menghadapi Austria juga tentunya tidak boleh dilewatkan begitu saja atau hujan delapan gol yang mengguyur Stadion Parken di Kopenhagen kala Spanyol menyingkirkan Kroasia.

Berikut adalah momen-momen pilihan Antara dalam delapan pertandingan babak 16 besar Euro 2020.

Kelanjutan dongeng Denmark di Amsterdam

Sebagaimana dikatakan sang pelatih Kasper Hjulmand, Amsterdam adalah rumah kedua bagi bintang-bintang sepak bola Denmark era modern, termasuk Christian Eriksen yang kolaps terkena serangan jantung saat melakoni laga pembuka melawan Finlandia di Grup B.

Bintang jebolan Amsterdam lainnya, Kasper Dolberg, menyedot porsi paling banyak lampu sorot ketika Johan Cruijff Arena jadi panggung 16 besar antara Denmark kontra Wales.

Dolberg --jebolan akademi Ajax yang terbuang-- membuktikan bahwa ia masih punya taji lewat dua gol yang dilesakkannya ke gawang Wales untuk membantu Denmark menang 4-0.

Baca juga: Menang besar 4-0, Denmark ke perempatfinal Euro 2020

Dongeng Denmark menorehkan prestasi demi Eriksen berlanjut dan jika mengingat kisah tim dinamit menjuarai Euro 1992 sebagai kejutan, tentu saja Dolberg dkk menegaskan mereka tidak boleh diremehkan siapapun.


Peringatan bagi Mancini

Italia memasuki babak 16 besar dengan kepercayaan diri tinggi, tapi harapan Roberto Mancini agar Gli Azzurri memberi penampilan berkelas di Wembley nyaris diruntuhkan ketika Marko Arnautovic menjebol gawang Gianluigi Donnarumma pada babak kedua, beruntung VAR hadir sebagai penyelamatan.

Skor kacamata memaksa laga dilanjutkan ke babak tambahan dan Federico Chiesa mampu memecahkan kebuntuan untuk Italia pada menit ke-95, sebelum Matteo Pessina menggandakannya sepuluh menit berselang.

Sasa Kalajdzic sempat membuat Austria menciptakan momentum kebangkitan. Italia tetap menang 2-1 dan melangkah ke perempat final, tapi gol Kalajdzic menyudahi tren nirbobol mereka di 12 pertandingan sebelumnya.

Baca juga: Dua gol babak tambahan bawa Italia ke perempatfinal Euro 2020

Jika Austria yang notabene tim debutan babak gugur Euro bisa membuat Italia kewalahan, ini jelas peringatan bagi Mancini yang selanjutnya bakal bertemu tim peringkat satu dunia, Belgia.

Selanjutnya De Ligt gagal ...

Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021