Karimun, Kepri (ANTARA News) - Sebanyak 170 calon haji Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, dilaporkan dalam keadaan sehat dan memasuki agenda ziarah ke tempat-tempat suci di Jeddah dan Madinah, kata Kepala Kantor Departemen Agama Karimun, Erman Zaruddin.

"Alhamdulillah, seluruh calon haji kita dalam keadaan sehat dan tidak kurang suatu apa pun. Mereka saat ini sedang bersiap-siap untuk menziarahi sejumlah tempat suci pada pekan depan," katanya di Tanjung Balai Karimun, Jumat.

Erman Zaruddin mengatakan meski tanah suci mengalami banjir, hal itu tidak mengganggu prosesi ibadah yang mereka jalani walaupun karpet di tenda-tenda yang mereka tempati sempat basah terendam banjir.

"Beberapa di antaranya ada yang mengalami batuk-batuk, namun tidak menjadi kendala dalam beribadah, termasuk anggota jemaah tertua atas nama Yasminah binti H Yasin serta seorang lainnya yang menggunakan kursi roda," ucapnya.

Menurut dia, pada tanggal 5 hingga 7 Desember ini, seluruh anggota jemaah haji akan mendapat pembinaan dan pembekalan sebagai persiapan bagi mereka untuk menziarahi sejumlah tempat suci di Jeddah dan Madinah, seperti mesjid terapung, mesjid qisash di Jeddah, makam Nabi Muhammad, Mesjid Quba, Mesjid Kiblatain di Madinah.

Jemaah yang tergabung dalam kloter 16 itu, lanjutnya, juga bersiap-siap melaksanakan thawaf wada` pada 9 Desember nanti.

"Untuk memudahkan pelaksanaannya, jemaah berusia lanjut melaksanakan thawaf tersebut pada 8 Desember setelah salat Isya` atau subuh karena relatif lebih sepi dari pada siang hari, sedangkan jemaah berusia muda dijadwalkan sehabis Dzuhur pada 9 Desember," katanya.

Dia menyebutkan, seluruh jemaah dijadwalkan pulang ke tanah air pada 12 Desember.

"Kami bersyukur, kondisi seluruh anggota jemaah dalam keadaan sehat dan berharap rangkaian ibadah yang akan dijalani juga berjalan lancar sehingga kembali ke tanah air juga dalam keadaan tidak kurang suatu apa pun," katanya.
(*)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009