Mamuju (ANTARA News) - Sebanyak 419 orang jemaah haji Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) yang sedang menunaikan ibadah haji di tanah suci dalam kondisi sehat, kata Kepala Urusan Haji Departemen Agama (Depag) Mamuju Arifin di Mamuju, Rabu.

Ia mengatakan informasi itu berdasarkan informasi panitia penyelenggara ibadah haji (PPIH) Mamuju dari tanah suci Mekah.

Menurut dia, sebelumnya memang ada sebagian jemaah haji Mamuju yang mengalami flu ringan, setelah banjir melanda wilayah Mekah.

"Sekretaris Daerah Mamuju Habsy Wahid yang sudah pulang hari ini dari tanah suci Mekah, karena banyak tugas pemerintahan yang mesti dijalankannya juga menyampaikan kalau kondisi jemaah haji Mamuju masih dalam sehat walafiat," ujarnya.

Menurut dia, jemaah haji Kabupaten Mamuju tersebut akan segera tiba di Mamuju untuk kelompok terbang (kloter) 13 yang dijadwalkan dari tanah suci Mekah pada 12 Desember 2009 di embarkasi haji Hasanuddin Makassar Provinsi Sulawesi Selatan.

Kloter 13 yang berjumlah sekitar 69 orang tersebut, kemudian diberangkatkan dari Makassar dan menuju Kabupaten Mamuju pada 13 Desember.

Sedangkan jemaah haji Mamuju untuk kloter 35 dan kloter 36 yang berjumlah masing masing sekitar 330 orang dan sekitar 20 orang jemaah haji, akan tiba di embarkasi haji Makassar pada 31 Desember 2009.

"Kedua kloter tersebut tiba pada jam berbeda yakni kloter 35 sekitar pukul 22.00 WITA. Sedangkan kloter 36 pukul 00.00 WITA," ujarnya.

Menurut dia, ketiga kloter jemaah haji Mamuju tersebut akan diangkut menggunakan pesawat Boeing 737 yang sebelumnya telah disiapkan penyelenggara haji menuju Kabupaten Mamuju dari debarkasi haji Hasanuddin Makassar.(*)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009