Boyolali (ANTARA News) - Jemaah haji asal Debarkasi Adi Sumarmo Surakarta, Jawa Tengah yang meninggal dunia di Arab Saudi, hingga hari ke-12 masa pemulangan bertambah dua orang sehingga totalnya menjadi 48 orang.

Berdasarkan data yang diterima melalui pengelola Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Senin, pukul 15:30 WIB, menyebutkan, kedua jemaah haji asal Jateng yang meninggal di Tanah Suci tersebut diketahui akibat sakit sistim sirkulasi dan jenazahnya dimakamkan di Arab Saudi.

Kedua jemaah haji tersebut, yakni Sarlan Abdul Hamdi (80) warga Dusun Gramang RT 03 RW 02 Karangpetir, Banyumas tergabung kelompok terbang 53 dan Ny Yosokartono Umar (79) warga Dukuh Suratmanan RT 06 RW 03, Kranggan, Polanharjo, Klaten kloter 64.

Staf Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Zaenal Abidin mengatakan, jemaah Ny Yosokartono Umar (kloter 64) tersebut diketahui meninggal dunia saat di pemondokan di Mekah, pada Minggu (13/12), sekitar pukul 18:00 waktu setempat.

Menurut dokter kloter 64, Sri Lestari, jemaah haji tersebut meninggal dunia akibat menderita sakit sistim sirkulasi dan jenazahnya dimakamkan di tempat pemakamam umum Syara, Arab Saudi.

Sebelumnya jemaah haji Sarlan Abdul Hamdi asal Banyumas atau kloter 53 juga meninggal dunia di Tanah Suci, Sabtu (12/12). Dia meninggal di Rumah Sakit Medinah Arab Saudi sekitar pukul 05:15 waktu setempat dan jenazahnya dimakamkan di Baqi.

Menurut Zaenal, dengan bertambahnya dua orang tersebut, maka jumlah jemaah haji Debarkasi Surakarta hingga hari ke-12 masa pemulangan yang meninggal menjadi 50 orang.

"Dari 50 orang itu, 48 jemaah haji di antaranya, meninggal di Tanah Suci dan dua orang di pesawat saat perjalanan pulang ke Tanah Air," katanya.

Sementara kedatangan jemaah haji di Debarkasi Surakarta, Senin (14/12), sebanyak tiga kloter, yakni 34, 35, dan 36. Kloter 34 jemaah haji asal Kota Surakarta telah tiba di Bandara Adi Sumarmo pada pukul 04:29 WIB atau maju sekitar 29 menit dari jadwal semula pukul 05:00 WIB.

Pesawat kloter 34 membawa jemaah haji sebanyak 376 orang asal Kota Surakarta, sedangkan rombongan kloter 35 asal Klaten dan Kota Pekalongan tiba di Bandara Adi Sumarmo pukul 15:30 WIB dengan membawa 380 orang.

"Kedatangan jemaah haji kloter 36 asal Blora yang dijadwalkan tiba di Bandara Adi Sumarmo Surakarta sekitar pukul 18:45 WIB, tetapi mengalami berubahan menjadi sekitar pukul 23:00 WIB," kata Zaenal.

Menurut dia, pesawat Garuda Indonesia yang membawa rombongan haji asal Blora itu, baru berangkat dari Bandara King Abdul Aziz Arab Saudi, pada pukul 11:55 WIB (waktu Arab Saudi dikurangi empat jam) dan diperkirakan tiba di Bandara Adi Sumarmo Surakarta sekitar pukul 23:55 WIB. (*)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009